15 Cara Mudah Mengatasi Kesedihan bagi Penderita Hypophrenia

Sama seperti kebahagiaan, kesedihan juga bisa menular. Tapi pernahkah Anda merasa sedih secara tiba-tiba tanpa mengetahui penyebabnya? Meski tidak ada sebutan paten, beberapa referensi menyebut kondisi ini sebagai hypophrenia.

Hypophrenia bisa dipicu oleh ingatan akan pengalaman masa lalu seperti perpisahan, pengkhianatan, atau peristiwa traumatis lainnya, atau khawatir pada diri sendiri. Perubahan suasana hati juga bisa disebabkan karena perubahan atau adanya gangguan hormonal. Dalam kasus tertentu, hypophrenia juga disebabkan karena gangguan saraf dan otak.

Untuk mengatasi rasa sedih dan menumbuhkan kembali kegembiraan, berikut ini tips sederhana yang bisa dicoba:

  • Mendengarkan musik upbeat

Melodi dan irama musik cukup berpengaruh pada suasana hati. Beberapa orang menganggap musik sebagai makanan jiwa. Nada sedih akan membuat Anda sedih, sementara mendengarkan musik yang ceria dan menyentak menciptakan getaran yang lebih positif.

Musik yang cerita akan meningkatkan hormon kesenangan di otak dan akan secara otomatis membuat tubuh dan pikiran lebih bersemangat.

  • Hentikan pembicaraan negatif mengenai diri sendiri

Penyesalan dan rasa khawatir terhadap diri sendiri dapat memicu perasaan sedih. Jika terjadi secara berlarut-larut kondisi ini akan berujung pada gejala depresi.

Mulailah berhenti menyalahkan diri sendiri dan menerima semua kejadian yang telah lalu. Berhenti menganggap bahwa Anda tidak berharga. Melalui penerimaan, Anda bisa melepaskan kekecewaan dan membuat perasaan menjadi lebih ringan.

  • Mengonsumsi asam lemak omega-3

Hypophrenia dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Mengonsumsi asam lemak omega-3 dapat memperbaiki suasana hati.

Dalam sebuah penelitian tahun 2002 yang dimuat dalam  Archives of General Psychiatry, membuktikan bahwa mengonsumsi 1 gram minyak ikan setiap hari dapat menurunkan kecemasan, gangguan tidur, perasaan sedih tanpa alasan, dan mengatasi berbagai gejala depresi lainnya.

Anda bisa mengonsumsi omega-3 dalam bentuk suplemen atau mengonsumsinya dari sumber makanan seperti ikan salmon, kacang kenari, biji rami, dan ikan tuna.

  • Menulis jurnal

Menulis jurnal atau catatan harian dapat membantu Anda melepaskan kesedihan dan memantau perkembangan suasana hati Anda dari waktu ke waktu. Anda bisa mengetahui penyebab dari perubahan suasana hati yang terjadi.

Anda juga mengisi jurnal dengan menuliskan hal-hal yang terjadi di hari tersebut yang membuat Anda bersukur. Jurnal sukur akan membantu Anda merasa lebih positif dan lebih berharga.

  • Istirahat yang cukup

Tidur memiliki kaitan yang erat dengan suasana hati. Kecemasan, kesedihan, dan pikiran negatif lainnya kerap dipicu oleh kurangnya waktu tidur.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa waktu dan kualitas tidur secara langsung memengaruhi kualitas hidup, termasuk ketajaman mental, kesejahteraan, produktivitas, keseimbangan emosional, kreativitas, vitalitas fisik, hingga berat badan.

Agar tidur menjadi berkualitas, pastikan untuk tidak bermain ponsel saat sudah di tempat tidur. Anda juga harus menghindari mengonsumsi stimulan seperti kafein beberapa jam sebelum tidur.

  • Berolahraga

Olahraga memiliki manfaat kesehatan baik fisik maupun mental. Olahraga melepaskan hormon endorfin yang berperan sebagai peningkat imunitas tubuh dan memperbaiki suasana hati.

Adapun secara fisik olahraga menawarkan manfaat kesehatan berupa menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, dan banyak lainnya.

Para ahli menyarankan untuk berolahraga ringan selama setengah jam hingga satu jam. Akan lebih baik untuk berolahraga di luar saat pagi atau sore hari. Paparan sinar matahari juga mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Tentunya Anda tidak ingin melewatkan manfaat berlipat ganda tersebut.

Apabila kondisi hypophrenia Anda tak kunjung membaik walau telah melakukan berbagai cara, ada baiknya untuk mendatangi konselor dan meminta bantuan. Apabila kondisinya semakin memburuk, sangat mungkin untuk mendapatkan penanganan yang lebih kompleks.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*