6 Cara Mengembalikan Suara yang Hilang Tanpa Repot

Apakah Anda pernah mengalami kehilangan suara? Entah Anda terlalu banyak bicara, terlalu banyak bernyanyi, berteriak atau mungkin karena suatu penyakit, terlalu banyak membebani suara Anda dapat menyebabkan Anda kehilangan tersebut. Untuk itulah, penting mengetahui cara mengembalikan suara yang hilang.

Memang biasanya kehilangan suara paling sering disebabkan oleh radang tenggorokan. Laringitis terjadi ketika laring (kotak suara) Anda teriritasi dan meradang. Tapi apapun penyebab Anda kehilangan suara, Anda harus segera mendapatkan suara Anda kembali. Lalu bagaimana cara mengembalikan suara yang hilang dengan mudah dan dapat dilakukan di rumah?

Cobalah salah satu dari beberapa solusi ini untuk mendapatkan suara Anda kembali dengan cepat.

  1. Istirahatkan suara Anda

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk pita suara Anda yang terganggu adalah memberikan suara Anda waktu untuk istirahat. Cobalah untuk tidak berbicara sama sekali selama satu atau dua hari. Jika Anda harus berbicara, lakukan dengan tenang. Hal ini dapat berhasil karena seringkali iritasi dan peradangan hanya perlu waktu untuk memulihkannya.

  1. Minum banyak air

Hal terbaik yang harus dilakukan untuk pita suara Anda yang sakit adalah dengan minum air. Konsumsi air dengan suhu ruangan atau air hangat dan hindari tenggorokan Anda dengan air dingin atau air panas.

Minum secara teratur, tetapi dengan bijaksana. Tidak hanya akan membantu memulihkan suara Anda, tetapi juga baik untuk tubuh Anda, sistem pencernaan Anda, kulit Anda, berat badan Anda, tingkat energi Anda, dan hampir semua yang ada di antaranya.

  1. Mandi air hangat

Tahukah Anda bahwa uap dari pancuran air hangat membantu melembabkan pita suara Anda dan menenangkan sakit tenggorokan Anda? Jadi, sangat disarankan untuk mandi menggunakan air hangat, selain menenangkan tenggorokan, hal ini juga dapat menenangkan otot-otot di tubuh Anda. Menambahkan minyak esensial yang menyegarkan, seperti kayu putih, juga dapat membantu.

  1. Merebus air

Alternatif dari mandi air hangat adalah dengan menundukkan kepala Anda di atas panci berisi air mendidih. Uap yang naik keatas permukaan akan menambah kelembaban pada kotak suara Anda yang teriritasi. Anda bisa meletakkan handuk diatas kepala agar Anda mendapatkan banyak uap.

Bernafaslah dalam-dalam melalui mulut Anda selama tiga hingga lima menit. Beristirahatlah jika Anda merasakan panas menjadi tidak nyaman.

  1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet juga meningkatkan produksi air liur. Kunyah permen karet sepanjang hari untuk menjaga tenggorokan Anda tetap lembab.

Disarankan untuk konsumsi permen karet bebas gula untuk menghindari kalori berlebihan.

  1. Hindari makanan dengan kandungan asam

Makanan seperti tomat, coklat, dan buah jeruk adalah salah satu makanan dengan kandungan asam yang tinggi; asam tersebutlah yang merobek jaringan di pita suara Anda. Agar tenggorokan semakin membaik, disarankan untuk menghindari makanan dengan kandungan asam sebanyak mungkin.

Itulah beberapa cara mengembalikan suara yang hilang dengan mudah serta dapat dilakukan di rumah. Jika suara Anda semakin membaik, disarankan untuk mempertahankan kebiasaan sehat untuk menjaga pita suara Anda. Apabila Anda merasa lebih baik setelah beberapa hari pertama, Anda masih dianjurkan untuk beristirahat.

Lalu, jika suara Anda tidak kembali dalam 2 sampai 3 hari perawatan di rumah, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan tepat secara medis.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*