Tindakan Medis

Apa itu Cosmetic Lateral Canthoplasty? Ini Penjelasannya

Cosmetic lateral canthoplasty akan membuat mata terlihat lebih besar

Merupakan salah satu jenis operasi terhadap mata yang prosesnya melibatkan penurunan sudut mata hingga membuat mata tampak terbuka lebih lebar disebut dengan nama cosmetic lateral canthoplasty. Prosedur medis ini juga dikenal dengan nama operasi kelopak mata luar, nantinya akan membentuk bagian luar dan memperbesar ukuran mata.

Proses ini bisa dikombinasikan dengan operasi kelopak mata lain apabila hal tersebut perlu untuk dilakukan, seperti misalnya pada blepharoplasty. Selain itu juga bisa diterapkan pada operasi ptosis dan operasi alis. Sementara itu dalam prosesnya, operasi ini biasanya dilakukan dengan pasien dalam keadaan di bawah pengaruh obat bius.

Cosmetic Lateral Canthoplasty

Proses pemulihan operasi ini biasanya akan ditandai dengan pasien mengalami pembengkakan atau memar pada mata yang terjadi selama tujuh hingga 10 hari. Lalu, prosedur ini juga akan memberi efek langsung pada penampilan atau estetika wajah dari pasien. Bagi seseorang yang belum pernah menjalani prosedur ini sebelumnya, berikut ini beberapa efek yang sering muncul.

  • Wajah pasien tampak lebih muda dan segar, mata terlihat lebih halus dan berbentuk seperti kacang almond.
  • Munculnya efek facelift yang terdapat di sekitar kulit kelopak mata, hingga menghilangkan penampilan mata yang terlihat lelah dan sembab.

Lantas, siapa yang membutuhkan prosedur ini dan harus menjalaninya, terdapat beberapa kondisi yang membuat pasien memilih melakukan operasi tersebut. Pada umumnya tergantung pada kondisi si pasien, biasanya mereka mengalami keadaan yang memaksa untuk bisa merubah penampilan, berikut ini beberapa di antaranya.

  • Pasien yang memiliki bentuk mata bulat dan menginginkan bentuk mata yang lebih indah dari sebelumnya.
  • Pasien memiliki kantong bawah mata dan ingin menghilangkan kesan tua yang muncul karena kantong tersebut.
  • Pasien dengan kondisi kelopak mata turun dan ingin menghilangkan kesan sembab pada mata akibat  kondisi tersebut.

Persiapan dan Prosedur

Sebelum prosedur medis dilakukan, pasien perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Nantinya, dokter akan membantu pasien dalam menentukan pilihan yang tepat dalam penanganan kelopak mata. Selain itu, dokter juga bertugas memberi penjelasan serta menjawab pertanyaan dari pasien terkait dengan prosedur yang akan dilakukan.

Yang paling sering dilakukan dokter akan menyarankan agar pasien tidak melakukan aktivitas merokok selama beberapa minggu sebelum prosedur dilakukan, hal ini berlaku pada perokok aktif. Tujuan larangan tersebut adalah agar nantinya prosedur yang dijalankan bisa terbantu, selain itu juga dapat memberi dampak terhadap pemulihan pascaoperasi yang lebih cepat.

Setelah persiapan dilakukan dengan baik oleh pasien, selanjutnya dokter akan melanjutkan proses operasi kelopak mata. Prosedur yang dilakukan tidak banyak, hanya terdiri dari beberapa langkah seperti berikut ini.

  • Pertama dokter akan menyuntikkan obat anestesi lokal pada kelopak mata, setelah itu obat suntik juga akan diberikan kepada pasien.
  • Pasien tidaka akan mengalami atau merasakan nyeri selama prosedur dijalankan karena suntikan obat tersebut.
  • Sementara dokter akan membuat sayatan setelahnya, tujuannya untuk mengatur posisi kelopak mata bawah.
  • Jika prosedur tersebut sudah selesai, langkah terakhir yang akan dilakukan oleh dokter adalah menutup sayatan dengan jahitan.

Setelah menjalani prosedur cosmetic lateral canthoplasty, pasien akan mengalami bengkak dan memar selama beberapa minggu ke depan disertai dengan gejala. Namun, gejala yang muncul akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Waktu pemulihan akan sangat bergantung pada banyaknya prosedur yang dilakukan.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*