Cara Memasak Kol Ungu untuk Dapatkan Manfaatnya

Kol menjadi salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia karena mudah didapat, kol ungu dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat kol ungu diketahui berasal dari senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin sekaligus merupakan kandungan yang membuat warna kol ini menjadi ungu.

Diketahui bahwa kol ungu memiliki sekitar 4,5 kali lebih tinggi ketimbang kol hijau, tak hanya senyawa antioksidan yang diketahui memiliki banyak manfaat. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari jenis sayuran ini dapat menggunakan berbagai resep masakan. Mulai direbus, ditumis atau dijadikan sebagai lalapan ketika mengonsumsi masakan lain.

Memasak Kol Ungu

Selain dinamakan kol unggu karena memang memiliki warna demikian, jenis kol ini juga disebut kol merah. Termasuk dalam jenis sayuran renyah beraroma kuat, selain antioksidan kandungan di dalamnya juga terdapat kalium dan vitamin C yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan manfaat kol ungu bagi kesehatan tubuh, bisa dilakukan dengan dikonsumsi menggunakan cara berikut ini.

  1. Direbus
  2. Siapkan kol yang sebelumnya telah dibilas terlebih dahulu menggunakan air dingin yang mengalir, setelah itu keringkan menggunakan handuk kertas.
  3. Kemudian belah kol dengan pisau menjadi beberapa bagian, sembari mengiris kol persiapkan panci yang sudah diisi air sebanyak setengah dari panci tersebut.
  4. Masak hingga air mendidih, setelah itu masukkan 1 sdt garam per 1 liter air dan masukkan kol yang sudah diiris sebelumnya.
  5. Rebus hingga mendidih lagi, kurang lebih selama satu jam tanpa harus ditutup hingga kol melunak ketika ditusuk menggunakan garpu.
  6. Jika sudah buang setengah air rebusan dan bisa ditambahkan mentega atau garam sesuai dengan selera atau secukupnya.
  7. Ditumis
  8. Setelah kol disiapkan, cuci menggunakan air bersih yang mengalir dan buang helai terluar serta potong bonggol.
  9. Iris tipis-tipis, di saat bersamaan panaskan wajan yang sudah diberi 2 sdm minyak zaitun menggunakan api sedang.
  10. Masukkan 1 bawang yang sudah diiris dengan kol, aduk dan tumis selama tiga hingga lima menit atau sampai kol menjadi layu.
  11. Masukkan 1/3 gelas cuka sari apel ke dalam wajan, taburkan dua sdm gula tepat di atas kol kemudian aduk hingga merata.
  12. Bumbu tumis bisa menggunakan 1 sdt biji mustard, garam dan merica sesuai selera, tumis dan masak selama 10 menit lalu sajikan.

Manfaat Kol Ungu

Setelah mengetahui cara memasak kol ini, perlu diketahui juga beberapa manfaat kesehatan yang diberikan sayuran ini terhadap tubuh. Manfaat kesehatan inilah yang membuat kol ungu menjadi salah satu jenis sayuran yang digemari banyak masyarakat ketimbang kol hijau, berikut beberapa manfaat tersebut.

  • Menguatkan Tulang

Kandungan vitamin K, kalsium, seng dan mangan pada kol ungu sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kandungan ini bisa membantu membangun dan mempertahankan kekuatan serta kesehatan tulang, selain itu juga melindungi sel-sel tulang dari kerusakan berbahaya.

  • Kesehatan Usus

Memiliki serat cukup banyak, kandungan ini mampu menjaga usus tetap sehat dan membantu proses mencerna makanan menjadi lebih mudah. Buang air besar juga semakin lancar, menurunkan risiko sembelit dengan 70 persen kandungan serat tak larut dan 30 persen serat larut.

  • Kesehatan Jantung

Mengandung lebih dari 36 antioksidan anthocyanin, selain warna khas kandungan itu juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan erat hubungannya dengan tekanan darah dan risiko mengalami penyakit jantung yang lebih rendah.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*