Hidup Sehat

Cobalah 3 Resep Ini, Agar Makanan Buka Puasa Bervariasi

Kreasi makanan buka puasa yang bisa tingkatkan selera makan

Menjelang hari-hari terakhir bulan Ramadan seperti saat ini, beberapa dari Anda mungkin mulai bingung dalam menyiapkan sajian berbuka puasa. Kadang, sudah merasa bosan dengan pilihan menu yang itu-itu saja. 

Di bawah ini, ada beberapa menu yang patut Anda coba agar makanan buka puasa menjadi variatif. 

Pilihan makanan buka puasa, lezat dan menyehatkan

Pilihan makanan buka puasa memang perlu lebih cermat. Perut Anda telah kosong selama kurang lebih 12 jam, sehingga pilihan menu yang kurang tepat dapat membuat perut menjadi kembung atau terasa tidak nyaman. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Anda tentu perlu lebih selektif dalam menyajikan makanan buka puasa. Lezat saja tidak cukup, tetapi juga harus sehat. Mari simak rekomendasinya menu sehat dan lezat di bawah ini!

1. Tumis daging sapi dan pakcoy

Kombinasi daging sapi dan pakcoy merupakan pilihan menu buka puasa yang lezat dan sehat.  Proses memasaknya pun cukup praktis. 

Potong daging sapi dalam menjadi ukuran kecil dan masukkan ke dalam mangkuk yang berisi jahe, kecap, serta tepung maizena. Aduk hingga merata. Marinasi daging hingga bumbunya meresap. 

Selanjutnya, panaskan wajan dan minyak secukupnya. Lalu, masukkan daging sapi yang telah dimarinasi tersebut. Tumis hingga warnanya berubah kecoklatan, kemudian sisihkan. 

Bersama dengan bumbu marinasi, pakcoy dimasukkan ke dalam wajan dan ditumis selama 1-2 menit. Saat aroma bumbu sudah tercium, masukkan kembali daging sapi. 

Proses memasak perlu dilakukan seperti di atas, agar vitamin C, vitamin E, serta beta karoten yang terkandung di dalam pakcoy tidak rusak akibat pemanasan terlalu lama. 

2. Sup Miso

Sup dapat menjadi pilihan makanan buka puasa yang sangat tepat, ringan dan menghangatkan perut, serta tidak akan menyebabkan kembung. Pertama, Anda perlu menyiapkan bahannya terlebih dahulua, wakame (sejenis rumput laut) direndam dan tofu dipotong menjadi beberapa bagian kecil. 

Sementara bahan tersebut direndam, Anda dapat memanaskan air dashi, yaitu kaldu campuran saru kombu dan ikan cakalang. Setelah air dashi mendidih, masukkan wakame dan tofu. 

Menu ini sangat kaya protein, rendah lemak, tetapi juga lezat. Rasa tidak nyaman dan kembung tidak akan Anda rasakan, bila makanan buka puasa Anda adalah sup miso. Selain itu, mengonsumsi sup miso juga membantu tubuh Anda tetap terhidrasi. 

3. Pasta tuna dan bayam

Rekomendasi makanan buka puasa yang terakhir ini dapat dikatakan merupakan menu yang seimbang, yaitu pasta tuna dan bayam. Terdapat karbohidrat dari pasta, protein dan asam lemak omega-3 dari tuna, serta aneka vitamin dan mineral dari bayam. Lengkap, bukan?

Cara membuatnya pun tidak sulit. Anda mulai dengan merebus pasta hingga matang. Lalu, dalam wajan berbeda, tumis bawang dengan mentega selama lima menit. Setelah aroma harum bawang menguar, masukkan tuna sesuai porsi Anda ke dalam wajan tersebut. 

Tumis tuna bersama bawang sambil agak dihancurkan agar bentuk tuna menjadi serpihan. Kemudian, masukkan bayam. Untuk memperoleh rasa yang lebih kaya, Anda dapat menambahkan garam, lada, dan keju permesan. 

Langkah terakhir, masukkan pasta yang telah disiapkan di awal. Aduk hingga merata, dan pasta tuna bayam pun siap dihidangkan. 

Sebetulnya tidak terlalu sulit untuk menyajikan makanan buka puasa yang sehat dan tetap lezat. Anda hanya perlu sedikit lebih kreatif saja, selamat mencoba!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*