Hidup Sehat

Selain Bayi, Hewan Peliharaan juga bisa Keracunan Nikotin

hewan peliharan juga dapat keracunan nikotin

Nikotin merupakan senyawa kimia yang diolah dari berbagai tanaman, termasuk tembakau. Nikotin juga diproduksi secara sintetis. Nikotin umum ditemukan pada produk rokok konvensional maupun elektrik, dan insektisida. Nikotin juga seringkali diolah menjadi permen nikotin untuk membantu berhenti merokok.

Paparan nikotin yang berlebih menghasilkan efek toksisitas atau beracun. Pada anak-anak, keracunan nikotin dapat menyebabkan kegagalan jantung dan rusaknya sistem saraf pusat.

Keracunan nikotin bisa terjadi akibat tak sengaja terpapar asap rokok, atau menelan bahan yang mengandung nikotin lainnya. Tak hanya pada manusia, hewan peliharaan juga rentan mengalami keracunan nikotin. 

Toksisitas nikotin pada hewan peliharaan

Baik manusia maupun hewan, keduanya sama-sama memiliki reseptor nikotin di dalam tubuh. Reseptor nikotin tersebut akan berfungsi jika dirangsang dalam batas normal. Namun, rangsangan yang terlalu tinggi akan memicu efek toksisitas.

Keracunan nikotin bisa dipicu hanya dengan paparan nikotin dosis rendah, yaitu 1 mg / kg berat badan. Pada dosis yang lebih besar yaitu 9,2 mg / kg berat badan, akan menyebabkan kematian pada anjing dan kucing.

Gejala keracunan dapat muncul dengan cepat, sekitar 15 sampai 60 menit setelah menelan nikotin. Hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, akan menunjukkan gejala keracunan nikotin seperti mual, muntah, diare, dan mengeluarkan air liur secara berlebih. Selain itu, detak jantung mereka akan menjadi lebih cepat dan menunjukkan tanda-tanda gelisah.

Gejala lain yang mungkin terjadi antara lain:

  • Perilaku hiperaktif.
  • Sulit bernapas.
  • Kejang atau tremor.
  • Pupil mengecil secara tiba-tiba.
  • Inkoordinasi atau mudah tersandung.
  • Pingsan.

Pengobatan keracunan nikotin pada hewan peliharaan

Jika hewan peliharaan Anda menelan nikotin, segeralah bawa ke dokter hewan terdekat. Biasanya, jika hewan peliharaan Anda belum sampai satu jam menelan nikotin, maka akan dilakukan induksi muntah untuk mengeluarkan substansi yang tertelan.

Dokter juga akan memberikan arang aktif untuk mengurangi jumlah nikotin yang terserap oleh tubuh hewan. Dokter juga akan memberi perawatan lain untuk mengatasi kejang atau tremor yang dapat terjadi setelah proses eliminasi nikotin.

Selanjutnya, dokter akan mengawasi perubahan detak jantung, tekanan darah, dan pernapasan hewan peliharaan Anda. Jika hewan berhasil bertahan lebih dari empat jam, maka keadaannya akan baik-baik saja.

Namun, bila hewan peliharaan Anda terpapar dosis tinggi, prognosisnya akan semakin meningkat. Butuh waktu yang cukup lama agar kondisi kucing atau anjing Anda pulih total.

Pada saat perawatan, nikotin akan keluar dengan sendirinya melalui urin. Nikotin akan hilang sepenuhnya di tubuh dalam waktu kurang lebih 16 jam.

Mencegah hewan peliharaan dari toksisitas nikotin

Rokok elektrik (e-cigarette) atau disebut juga dengan vape mengandung nikotin cair yang mudah diserap melalui selaput lendir dan kulit hewan peliharaan. 

Tanpa Anda sadari, bisa saja kucing atau anjing Anda terpapar cairan nikotin, lalu mereka menjilatnya. Pada akhirnya, perilaku sederhana tersebut bisa berdampak pada keracunan hingga menyebabkan kematian. 

Hal inilah yang membuat rokok elektrik mungkin lebih berbahaya, karena nikotin cair dapat lebih cepat mencapai hati dan meningkatkan risiko keracunan yang lebih tinggi.

Sebagai upaya menghindari keracunan, simpan dan jauhkan produk yang mengandung nikotin dari jangkauan anak Anda sekaligus hewan peliharaan Anda. Pastikan untuk membersihkan pakaian Anda dari residu nikotin sebelum berinteraksi dengan hewan peliharaan.Anda juga bisa mencuci tangan dengan sabun, bahkan menyikat gigi untuk mencegah paparan nikotin dan terjadinya keracunan nikotin pada orang yang Anda sayangi.

Read More
Hidup Sehat

Serba-serbi Glycolic Acid yang Wajib Anda Ketahui

Asam glikolat atau glycolic acid dalah sejenis asam alfa-hidroksi (atau AHA) yang difungsikan untuk mengeksfoliasi kulit. Asam glikolat ini berasal dari tebu.  Dalam kelompok asam alfa-hidroksi (alpha-hydroxy acid), asam glikolat memiliki karakter yang unik.

acid

Glycolic acid menjadi yang paling sederhana sekaligus terkecil dalam struktur asam alfa-hidroksi. Ini dibuktikan dari berat molekulnya yang menempati posisi terendah. Kondisi itu membuat glycolic acid sangat mudah menembus kulit seseorang sehingga menjadi sangat efektif ketika diaplikasikan.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai glycolic acid ini, berikut beberapa informasi penting yang mungkin berguna untuk Anda:

  • Kinerja Glycolic Acid di Kulit Manusia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebagai eksfolian, glycolic acid akan bekerja melepaskan sel-sel kulit mati sekaligus mengungkap lapisan yang lebih baru dan lebih cerah. Lapisan kulit terluar manusia terdiri dari lapisan sel kulit mati yang rapat dan terikat erat, dengan penggunaan asam glikolat, struktur itu amat mungkin melonggar sehingga lapisan sel kulit mati yang keras dan kasar itu dapat lebih mudah terkelupas.

Selain itu, asam glikolat merangsang fibroblast di dermis untuk menghasilkan peningkatan jumlah kolagen. Kondisi ini jelas membantu kulit terasa lebih kencang dan meminimalkan garis-garis halus, serta kerutan. Akhirnya seseorang yang rutin menggunakan asam glikolat sebagai skincare-nya akan mendapati kulitnya terasa lebih halus, kencang, dan terlihat lebih bercahaya.

  • Komposisi Terbaik Penggunaan Glycolic Acid

Yang harus kita pahami sebelum mengaplikasikan asam glikolat ini ada kenyataan bahwa ia merupakan eksfolian. Seperti kita ketahui bahwa sifat dari eksfolian ini cukup berisiko bagi mereka pemilik kulit sensitif atau rentan terhadap iritasi. Oleh karena itu, sebaiknya mulai secara perlahan sembari menunggu reaksi kulit Anda.

Cobalah untuk mencampurkan atau menggunakan asam glikolat yang terdapat pada sabun pencuci muka, sebelum menggunakannya langsung sebagai serum tanpa pembilasan. Namun, untuk lebih aman, sebaiknya seseorang mendatangi klinik kecantikan atau dokter kulit untuk mendapatkan perawatan berbasis glycolic acid ini.

  • Jenis Kulit Apa yang Cocok dengan Glycolic Acid?

Asam glikolat ini paling cocok digunakan bagi seseorang pemilik jenis kulit normal, kombinasi, dan berminyak. Hati-hati untuk Anda pemilik kulit kering dan sensitif. Sebab penggunaan glycolic acid dapat memicu reaksi iritasi.

Namun, efek dari asam glikolat sendiri tidak hanya bergantung pada jenis kulit. Faktor cuaca juga perlu dipertimbangkan. Pada bulan-bulan musim dingin, misalnya, ketika fungsi pelindung kulit terganggu memungkinkan penetrasi asam glikolat lebih dalam, sehingga penggunaannya mungkin menimbulkan iritasi. Adapun pada bulan-bulan musim panas, penggunaan asam glikolat juga lebih berisiko, karena bisa membuat seseorang lebih sensitif terhadap sinar matahari.

  • Memadu-padankan Glycolic Acid

Produk yang cocok untuk dipadupadankan dengan glycolic acid tergantung dengan “kekuatan” kulit Anda. Sebagai contoh jika kulit Anda butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan retinol, menambahkan asam glikolat hanya akan menimbulkan masalah. Karena kombinasi keduanya hanya akan membuat kulit menjadi iritasi.

Sebaliknya, asam glikolat dapat bermanfaat jika digabungkan dengan eksfoliator lain yang lebih lembut seperti asam salisilat. Dengan begitu sebaikanya hindari mengombinasikan glycolic acid ini dengan bahan pengelupas inti (seperti retinol).

  • Efek Samping yang Mungkin Didapat

Glycolic acid adalah asam kuat, Anda berisiko mengalami iritasi kulit atau luka bakar. Secara keseluruhan sebenarnya sangat aman dan bermanfaat mengatasi masalah kulit, termasuk mengobati jerawat.

Untungnya, asam glikolat ini mengandung pengaman alami di dalamnya, yakni dapat segera dinetralkan dengan air. Sehingga sewaktu-waktu merasakan efek samping, seseorang dapat membilasnya untuk mencegah risiko lebih jauh.

***

Itulah beberapa hal yang dapat diketahui mengenai glycolic acid, asam alfa-hidroksi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mengetahui informasi mengenai asam glikolat memungkinkan seseorang mendapatkan hal besar dengan memanfaatkannya, termasuk terhindar dari efek sampingnya.

Read More
Hidup Sehat

Manfaat Minyak Kayu Manis Untuk Rambut

Aroma kayu manis selalu mengingatkan dengan kenangan indah akan makanan lezat. Namun ternyata, kayu manis bisa dijadikan sebagai minyak kayu manis.

Selain dihargai karena aromanya yang subur, minyak kayu manis juga terkait dengan beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan. 

Kayu manis dalam berbagai bentuk telah dipelajari untuk pengaruhnya terhadap pengendalian infeksi, manajemen gula darah, dan kondisi lainnya. Minyak kayu manis sendiri memiliki manfaat seperti:

  • Antibakteri
  • Antijamur
  • Antidiabetik
  • Sifat antioksidan

Minyak kayu manis dipercaya berguna untuk kesehatan rambut. Minyak kayu manis dapat mengatasi berbagai masalah rambut seperti penipisan rambut, rambut rontok, dan ketombe serta dapat juga merangsang pertumbuhan rambut Anda.

Minyak ini sangat populer untuk mengobati masalah rambut dan menjadi pilihan terbaik karena minyak kayu manis sangat alami dan kuat. Minyak kayu manis membantu menenangkan kulit kepala dan juga membantu memberantas ketombe dan gatal.

Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang menghubungkan kayu manis dengan pertumbuhan rambut pada manusia. Terdapat penelitian pada tikus yang menemukan beberapa penebalan dan pertumbuhan rambut ketika menggunakan kayu manis.

Selain itu, masker yang terbuat dari kayu manis, minyak zaitun, dan madu mungkin efektif dalam meningkatkan pertumbuhan dan penebalan rambut Anda. 

Penggunaan masker ini secara teratur memperkuat folikel rambut, mengurangi kusut, dan menghilangkan kerusakan rambut Anda. Masker adalah stimulator pertumbuhan rambut yang bagus. Masker kayu manis kaya akan kolin yang melembabkan kulit kepala, vitamin yang memperkuat pembuluh darah dan meregenerasi sel kulit serta mengaktifkan sirkulasi darah.

Meskipun memiliki berbagai manfaat, minyak kayu manis sangat kuat, dan mudah digunakan terlalu banyak. Efek samping dan reaksi termasuk ruam atau rasa terbakar pada kulit bisa saja terjadi.

Sangat penting untuk mengencerkan minyak kayu manis dengan minyak pembawa, sebelum digunakan. Coba gunakan satu tetes minyak esensial kayu manis ke dua cangkir atau lebih minyak pembawa, seperti minyak zaitun, almond, jojoba, atau minyak wijen.

Jangan pernah menggosok atau memijat minyak kayu manis langsung pada kulit kecuali jika diencerkan dengan minyak pembawa atau minyak lain.

Minyak kayu manis memiliki beragam manfaat kesehatan dan kecantikan. Hal ini dapat digunakan sebagai agen antibakteri dan antijamur, juga dapat digunakan dalam aromaterapi sebagai relaksan. Minyak kayu manis sangat kuat sehingga harus digunakan dengan sedikit.

Read More
Hidup Sehat

Maladaptive Daydreaming, Gangguan Mental atau Bukan?

Memimpikan sesuatu adalah hal yang normal. Akan tetapi, sebagian orang mungkin memikirkan mimpi mereka terlalu sering hingga jadi sering melamun. Kondisi inilah yang dinamakan dengan maladaptive daydreaming.

ma

Apa itu maladaptive daydreaming?

Daydreaming atau melamun bisa memberi sensasi rasa senang dalam pikiran ketika memikirkan suatu kegiatan atau aktivitas tertentu. Hal ini bisa terjadi karena Anda memikirkan atau membayangkan sesuatu yang Anda harapkan.

Sebenarnya, melamun adalah bagian dari kreativitas dan proses berimajinasi. Hanya saja, jika dilakukan secara berlebihan, dapat mempengaruhi kemampuan otak Anda untuk bekerja dengan normal pada realita.

Maladaptive daydreaming bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya pengalaman traumatis atau pelecehan yang pernah dirasakan. Melamun menjadi strategi mengatasi pengalaman buruk tersebut untuk melarikan diri dari kenyataan.

Secara tidak langsung, kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor psikologis. Akan tetapi, kondisi ini tidak dikategorikan sebagai gangguan kesehatan mental. Namun, menurut para ahli, kondisi ini dapat berdampak buruk pada kehidupan sehari-hari dan harus ditangani secara serius.

Gejala maladaptive daydreaming

Tanda utama dari kondisi ini adalah seringnya melamun secara berlebihan. Akan tetapi, ada beberapa gejala lainnya yang dialami oleh penderita maladaptive daydreaming, seperti:

  • Melakukan gerakan berulang saat melamun, seperti berjalan mondar-mandir, berputar, menggoyangkan sesuatu di tangan, dan lain sebagainya.
  • Melamun terjadi langsung setelah membaca buku, menonton film, bermain video game, dan lain sebagainya.
  • Isi lamunan mendetail dan rumit, alurnya hampir serupa dengan apa yang ditonton di TV atau dibaca pada novel.
  • Bisa tertawa, menangis, dan berbicara secara tiba-tiba.
  • Melamun sudah sangat sering dilakukan sejak usia anak-anak sampai dewasa.
  • Melamun sambil berbaring di tempat tidur selama berjam-jam.
  • Kesulitan tidur di malam hari.
  • Kesulitan menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.
  • Melamun dalam jangka waktu yang lama, bahkan hingga berjam-jam.

Sebagian dari gejala kondisi ini hampir serupa dengan beberapa gangguan mental. Akan tetapi, maladaptive daydreaming bukanlah gangguan kesehatan mental.

Saat penderita tertawa atau menangis secara tiba-tiba, mereka melakukannya secara sadar.  Mereka mampu membedakan dengan jelas mana yang merupakan realita dan mana khayalan sendiri.

Bahaya kondisi maladaptive daydreaming

Sebenarnya sulit untuk mendeteksi bahaya dari kondisi ini karena kondisi ini berbeda dengan gangguan kesehatan mental. Belum ada penelitian yang bisa dengan jelas menggambarkan komplikasi dari penderita kondisi ini.

Akan tetapi, sebagian penderita maladaptive daydreaming juga menderita gangguan kesehatan mental, seperti Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), depresi, dan Obsessive Compulsive Disorder (OCD).

Meski begitu tidak ada penelitian yang bisa menjelaskan korelasi antara ketiga gangguan kesehatan mental tersebut dengan maladaptive daydreaming.

Walaupun kondisi ini tidak termasuk sebagai gangguan kesehatan mental, gejalanya dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Sulit untuk mengatasi hal ini, terlebih jika penderita telah menderitanya dalam waktu yang cukup lama.

Mengatasi kondisi maladaptive daydreaming

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi melamun berlebihan. Pertama-tama, Anda bisa mencoba untuk mengatasi rasa lelah sehari-hari dengan lebih banyak tidur. Tidurlah dalam durasi yang cukup, yaitu minimal 7 jam setiap malamnya.

Selain itu, cobalah untuk menghindari faktor pemicu. Jika Anda lebih mudah melamun setelah membaca novel, hindarilah membaca novel selama beberapa waktu. Begitu pula jika faktor pemicu melamun Anda adalah film, tayangan televisi, atau video game.

Dengan menghindari faktor pemicu dan beristirahat yang cukup, Anda bisa mengurangi intensitas maladaptive daydreaming. Kondisi ini bisa membaik secara perlahan-lahan jika Anda sanggup melawan faktor pemicu tersebut.

Read More
Hidup Sehat

Mau Cetak Kartu BPJS Kesehatan Online? Ini Caranya

Kartu BPJS kesehatan selalu diberikan ketika Anda telah terdaftar sebagai peserta aktif BPJS. Dalam kartu BPJS kesehatan tertera nomor BPJS kesehatan, nama, tanggal lahir, NIK, dan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), serta kelas rawat Anda. Sebenarnya, pemerintah sudah tidak mewajibkan peserta BPJS kesehatan untuk mencetak kartu, karena sudah ada sistem e-ID, yaitu elektronik identitas. Kartu BPJS kesehatan ini akan memudahkan pesertanya saat berobat ke fasilitas kesehatan yang telah melakukan kerja sama dengan Badan Penyedia Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan.

kartu bpjs

Cara cetak kartu BPJS kesehatan secara online.

Dibuatnya e-ID ini untuk mengatasi kendala dalam menerbitkan kartu BPJS kesehatan, serta meningkatkan pelayanan dari fasilitas kesehatan. Kartu e-ID BPJS kesehatan dapat dicetak sendiri secara online. Sebelumnya, Anda harus terdaftar dulu di aplikasi BPJS kesehatan. Soft copy kartu BPJS kesehatan akan dikirim melalui email dan Anda bisa cetak dalam bentuk hard copy.  

Langkah-langkah mencetak kartu BPJS kesehatan secara online.

  • Pastikan Anda telah mengunduh aplikasi BPJS kesehatan di PlayStore (Android) atau Appstore (iOs).
  • JIka belum pernah mendaftar sebelumnya, maka lakukan pendaftaran untuk membuat akun di aplikasi BPJS. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang tertera pada aplikasi.
  • Setelah akun  Anda aktif, yang pertama kali muncul adalah beranda atau halaman utama. Pilih menu Peserta, akan ada 4 menu yang muncul, yaitu Peserta, Ubah Data Peserta, Kartu Peserta, dan Pendaftaran Peserta.
  • Pilih menu Kartu Peserta.
  • Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi kartu BPJS kesehatan, kemudian pilih ikon email.
  • Muncul pertanyaan apakah ingin mengirim kartu ke email atau tidak, lalu pilih ya.
  • Sekarang, coba cek email Anda. Cari email yang masuk dengan Kartu e-ID BPJS kesehatan dan unduh soft copy kartunya.
  • Kartu BPJS kesehatan online Anda siap dicetak.

Lalu, bagaimana jika kartu BPJS kesehatan Anda hilang?

Tenang, apabila kartu BPJS Anda hilang atau rusak, Anda masih bisa mencetak ulang kartu tersebut. Dengan syarat, Anda harus memiliki e-ID dan sudah membayar iuran minimal sekali. Namun, jika ternyata Anda belum memiliki e-ID, maka pengurusan kartu bisa langsung dilakukan ke kantor cabang atau pusat BPJS kesehatan. Langkah-langkah cetak ulang kartu BPJS yang hilang atau rusak adalah sebagai berikut.

  • Login ke aplikasi BPJS kesehatan dengan akun Anda yang aktif.
  • Muncul halaman awal atau beranda. Pilih menu Peserta, akan ada 4 menu yang muncul, yaitu Peserta, Ubah Data Peserta, Kartu Peserta, dan Pendaftaran Peserta.
  • Pilih menu Ubah Data Peserta, lalu pilih peserta BPJS kesehatan mandiri. Muncul beberapa opsi, pilih cetak kartu e-ID BPJS kesehatan.
  • Periksa kembali seluruh data. Jika sudah benar, pilih ikon email.
  • Muncul pertanyaan apakah ingin mengirim kartu ke email atau tidak, lalu pilih ya.
  • Sekarang, coba cek email Anda. Cari email yang masuk dengan Kartu e-ID BPJS kesehatan dan unduh soft copy kartunya. Jika tidak ditemukan di dalam inbox, Anda bisa cek di spam email.
  • Kartu BPJS kesehatan online Anda siap dicetak.

Catatan dari SehatQ

Jika Anda belum dapat melakukan cetak kartu BPJS kesehatan secara online, maka bisa diurus langsung ke kantor BPJS kesehatan terdekat. Jangan lupa, bawa seluruh dokumen yang diperlukan, seperti KTP, KK, dan surat pernyataan kartu hilang dari polisi yang ditandatangani dengan matrai 6000. Anda juga dapat mengurus sekalian e-ID jika belum memilikinya untuk memudahkan Anda jika ingin mencetak ulang kartu BPJS kesehatan di kemudian hari.

Read More
Hidup Sehat

Menilik Ciri dan Karakter Jenis Beras yang Dapat Dikonsumsi

Sebagai orang Indonesia, makanan sehari-hari yang umumnya dikonsumsi adalah nasi. Beras telah menjadi bahan pokok utama di Indonesia. Bahkan sebagian orang beranggapan bahwa “belum makan, kalau belum makan nasi”, menegaskan begitu pentingnya peran beras bagi kebutuhan makanan masyarakat Indonesia. Jika biasanya sebagian besar masyarakat Indonesia mengonsumsi beras putih, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis beras yang tak kalah bergizi?

Kandungan gizi yang terdapat dalam beras, antara lain karbohidrat, mineral, protein, lemak, dan serat baik bagi tubuh. Ternyata tiap jenis beras yang berbeda dari segi awarna, rasa, dan nilai gizi, sama-sama mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh. Lalu, apa saja jenis beras yang dapat Anda konsumsi? Mari simak informasi lengkapnya berikut.

Jenis beras yang perlu Anda kenali

Terdapat ribuan varietas beras yang tersedia. Di antaranya terdapat lima jenis beras yang umum dikonsumsi dengan kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhan manusia.

  • Beras putih

Tentu Anda tidak asing dengan jenis beras ini, bukan? Beras putih merupakan jenis beras yang paling umum dikonsumsi sebagai makanan pokok sebagian besar orang Indonesia. Sebelum beras laik untuk dikonsumsi, kulit dan dedak beras harus dibersihkan terlebih dulu. Tujuannya tidak lain untuk memperpanjang usia simpan beras. Walaupun begitu, akibat proses ini, terdapat beberapa senyawa dan nutrisi baik yang hilang.

Tidak perlu khawatir. Beras putih masih tetap bermanfaat untuk tubuh kok. Kandungan yang ada di dalamnya, yaitu protein, antioksidan, vitamin, serat, dan mineral dalam jumlah yang lebih rendah. Walaupun kaya akan zat bergizi, beras putih memberikan efek yang cukup signifikan terhadap kadar gula darah. Bagi penderita diabetes, tentunya mengonsumsi jenis beras putih ini perlu diwaspadai.

  • Beras hitam

Pernahkah Anda mendengar tentang jenis beras hitam? Sesuai dengan sebutannya, beras hitam memiliki ciri warna hitam pekat dan akan berubah menjadi keunguan ketika diolah.

Dari sebuah penelitian, disebutkan bahwa beras hitam memiliki kandungan antioksidan yang paling tinggi di antara semua varietas beras. Antioksidan ini dapat berfungsi sebagai pelindung sel tubuh dari segala kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Beras hitam juga memiliki kandungan antiradang yang kuat, bahkan jenis beras ini juga memiliki sifat antikanker yang mampu menurunkan risiko terjadinya kanker.

  • Beras merah

Beberapa orang memilih jenis beras dibanding dengan beras putih, karena memiliki kandungan protein dan serat yang lebih tinggi. Selain itu, di dalam beras merah juga terdapat kandungan antioksidan flavonoid yang mencakup zat anthocyanins apigenin, myricetin, dan quercetin.

Flavonoid ini dipercayai dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh. Selain itu, beras merah juga dipercaya dapat menangkal radikal bebas secara efektif.

  • Beras cokelat

Jenis beras yang satu ini umumnya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet. Kandungan protein dan serat dalam beras cokelat lebih tinggi dibanding dengan beras putih. Dengan begitu, seseorang akan lebih cepat merasa kenyang, sehingga dapat mengontrol porsi makanannya.

Kandungan lain yang ada dalam beras cokelat, yaitu flavonoid antioksidan apigenin, quercetin, dan luteolin. Ketiga senyawa ini dipercaya dapat mencegah risiko penyakit tertentu, seperti jantung dan kanker. Selain itu, beras cokelat juga dapat membantu seseorang, terutama pasien diabetes, dalam mengontrol kadar gula darah dan insulin.

Read More
Hidup Sehat

Pola Hidup yang Mampu Cegah Gigi Kuning

Percaya tidak percaya, warna gigi bisa sangat memengaruhi tingkat kepercayaan diri Anda. Normalnya warna gigi berwarna putih gading. Orang-orang yang memiliki warna gigi demikian cenderug lebih mudah untuk tersenyum sehingga interaksi dengan orang lain menjadi lebih lancar. Sebaliknya jika Anda termasuk yang memiliki gigi kuning, perasaan minder untuk tersenyum dan berinteraksi dengan orang sangat mungkin terjadi sebab menyadari tidak sempurnanya warna gigi.

Apalagi sebenanrya, gigi kuning bukan hanya menandakan adanya perubahan pada gigi Anda. Gigi kuning juga mengindikasikan kondisi kesehatan gigi dan mulut yang cenderung kurang. Umumnya orang-orang yang memiliki gigi kuning juga bermasalah dengan bau mulut.

Untuk itu, menjaga kesehatan gigi dengan tetap menjaga tampilan warnanya menjadi sesuatu yang tidak boleh dipandang remeh. Berbagai tindakan pencegahan gigi kuning pun baiknya mulai Anda lakukan dari sekarang. Nyatanya cara mencegah gigi agar warnanya tidak berubah ke arah kekuningan tidaklah terlalu sulit dan semua upaya pencegahan hanya berhubungan dengan pola hidup Anda sehari-hari.

  1. Kurangi Konsumsi Teh dan Kopi

Mengonsumsi teh atau kopi secara rutin dalam jumlah yang terkontrol tiap harinya memang memiliki beberapa efek kesehatan yang baik. Kedua minuman ini juga dipercaya mampu mereduksi tingkat stres sehingga Anda lebih rileks. Akan tetapi, teh dan kopi pulalah yang membuat Anda rentan mengalami gigi kuning. Cobalah mengurangi konsumsi kedua minuman ini guna bisa mempertahankan keputihan gigi Anda.

  • Rajin Membersihkan Gigi

Anda termasuk orang yang malas atau rajin membersihkan gigi dengan sikat ataupun benang? Jika termasuk orang yang malas, cobalah untuk berbenah dan mulai rajin membersihkan gigi minimal 2 kali sehari. Pasalnya, kerajinan membersihkan gigi sangat memengaruhi warna gigi Anda. Orang yang jarang membersihkan gigi cenderung membiarkan plak menempel di gigi sehingga warna gigi bisa berubah menjadi kuning. Masalah bau mulut sampai kerusakan gigi pun menanti bagi Anda yang malas membersihkan gigi.

  • Berhenti Merokok

Coba perhatikan gigi para perokok aktif? Apakah Anda menyadari warna gigi mereka tampak lebih kuning? Apakah Anda termasuk dalam kelompok tersebut? Merokok memang cenderung membuat masalah gigi, termasuk mengubah warna gigi menjadi kuning karena banyaknya zat kimia yang terkandung dalam tiap batangnya. Berhenti merokok pun menjadi cara tepat untuk menghindari masalah gigi kuning bagi Anda.

  • Gunakan Obat Kumur

Guna membantu menjaga warna gigi Anda tetap seputih gading, cobalah membiasakan diri untuk menggunakan obat kumur. Penggunaan obat kumur bisa membanti menghilangkan plak-plak yang menempel di dinding yang menjadi penyebab gigi kuning. Setidaknya sebagai upaya pencegahan agar tidak terkena gigi kuning, baiknya Anda mengumur obat berbahan antiseptik minimal sekali tiap harinya.

  • Pertimbangkan Pasta Gigi Pemutih

Untuk mencegah gigi kuning, tentunya Anda harus melakukan upaya untuk mempertahankan bahkan meningkatkan keputihan gigi. Salah satu cara yang bisa Anda tempuh adalah menggunakan pasta gigi pemutih. Namun, tidak perlu setiap hari menggunakan pasti gigi jenis ini. Anda cukup menggunakan pasta gigi pemutih untuk menggosok gigi sebanyak 2—3 kali dalam seminggu. Selebihnya, Anda tetap menggunakan pasta gigi biasa yang lebih berfokus pada kesehatan gigi.

  • Hindari Obat-obatan Tertentu

Salah satu penyebab gigi kuning adalah pengonsusmian obat-obatan seperti tetrasiklin dan doksisiklin pada masa kecil. Untuk mencegah warna gigi berubah, Anda bisa menghindari penggunaan obat-obatan tersebut. Penggunaan beberapa suplemen yang rentan memberikan perubahan warna pada gigi pun patut Anda batasi.

*** Tidak sulit bukan mencegah gigi kuning? Dengan menerapkan pola hidup di atas, Anda bisa menjaga warna gigi Anda agar tetap seputih gading.

Read More
Hidup Sehat

Cobalah 3 Resep Ini, Agar Makanan Buka Puasa Bervariasi

Kreasi makanan buka puasa yang bisa tingkatkan selera makan

Menjelang hari-hari terakhir bulan Ramadan seperti saat ini, beberapa dari Anda mungkin mulai bingung dalam menyiapkan sajian berbuka puasa. Kadang, sudah merasa bosan dengan pilihan menu yang itu-itu saja. 

Di bawah ini, ada beberapa menu yang patut Anda coba agar makanan buka puasa menjadi variatif. 

Pilihan makanan buka puasa, lezat dan menyehatkan

Pilihan makanan buka puasa memang perlu lebih cermat. Perut Anda telah kosong selama kurang lebih 12 jam, sehingga pilihan menu yang kurang tepat dapat membuat perut menjadi kembung atau terasa tidak nyaman. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Anda tentu perlu lebih selektif dalam menyajikan makanan buka puasa. Lezat saja tidak cukup, tetapi juga harus sehat. Mari simak rekomendasinya menu sehat dan lezat di bawah ini!

1. Tumis daging sapi dan pakcoy

Kombinasi daging sapi dan pakcoy merupakan pilihan menu buka puasa yang lezat dan sehat.  Proses memasaknya pun cukup praktis. 

Potong daging sapi dalam menjadi ukuran kecil dan masukkan ke dalam mangkuk yang berisi jahe, kecap, serta tepung maizena. Aduk hingga merata. Marinasi daging hingga bumbunya meresap. 

Selanjutnya, panaskan wajan dan minyak secukupnya. Lalu, masukkan daging sapi yang telah dimarinasi tersebut. Tumis hingga warnanya berubah kecoklatan, kemudian sisihkan. 

Bersama dengan bumbu marinasi, pakcoy dimasukkan ke dalam wajan dan ditumis selama 1-2 menit. Saat aroma bumbu sudah tercium, masukkan kembali daging sapi. 

Proses memasak perlu dilakukan seperti di atas, agar vitamin C, vitamin E, serta beta karoten yang terkandung di dalam pakcoy tidak rusak akibat pemanasan terlalu lama. 

2. Sup Miso

Sup dapat menjadi pilihan makanan buka puasa yang sangat tepat, ringan dan menghangatkan perut, serta tidak akan menyebabkan kembung. Pertama, Anda perlu menyiapkan bahannya terlebih dahulua, wakame (sejenis rumput laut) direndam dan tofu dipotong menjadi beberapa bagian kecil. 

Sementara bahan tersebut direndam, Anda dapat memanaskan air dashi, yaitu kaldu campuran saru kombu dan ikan cakalang. Setelah air dashi mendidih, masukkan wakame dan tofu. 

Menu ini sangat kaya protein, rendah lemak, tetapi juga lezat. Rasa tidak nyaman dan kembung tidak akan Anda rasakan, bila makanan buka puasa Anda adalah sup miso. Selain itu, mengonsumsi sup miso juga membantu tubuh Anda tetap terhidrasi. 

3. Pasta tuna dan bayam

Rekomendasi makanan buka puasa yang terakhir ini dapat dikatakan merupakan menu yang seimbang, yaitu pasta tuna dan bayam. Terdapat karbohidrat dari pasta, protein dan asam lemak omega-3 dari tuna, serta aneka vitamin dan mineral dari bayam. Lengkap, bukan?

Cara membuatnya pun tidak sulit. Anda mulai dengan merebus pasta hingga matang. Lalu, dalam wajan berbeda, tumis bawang dengan mentega selama lima menit. Setelah aroma harum bawang menguar, masukkan tuna sesuai porsi Anda ke dalam wajan tersebut. 

Tumis tuna bersama bawang sambil agak dihancurkan agar bentuk tuna menjadi serpihan. Kemudian, masukkan bayam. Untuk memperoleh rasa yang lebih kaya, Anda dapat menambahkan garam, lada, dan keju permesan. 

Langkah terakhir, masukkan pasta yang telah disiapkan di awal. Aduk hingga merata, dan pasta tuna bayam pun siap dihidangkan. 

Sebetulnya tidak terlalu sulit untuk menyajikan makanan buka puasa yang sehat dan tetap lezat. Anda hanya perlu sedikit lebih kreatif saja, selamat mencoba!

Read More
Hidup Sehat

Cermat dalam Perawatan Luka Bakar: Hindari Kesalahan Ini

Ada sejuta kemungkinan seorang manusia mengalami luka bakar, mulai dari tahap yang paling “sepele” hingga kondisi terparah. Bahkan di rumah yang notabene adalah tempat kita berlindung tetap menyimpan bahaya itu. Mulai dari kecelakaan ketika memasak, terkena setrika, sampai “tersengat” knalpot kendaraan. Kita harus cermat dalam melakukan perawatan luka bakar, sebab bila salah bukan tidak mungkin dampaknya akan serius.

Secara umum luka bakar dibagi ke dalam tiga tingkatan. Luka bakar akibat paparan sinar matahari masuk ke dalam tingkatan yang paling rendah atau tingkat pertama; luka bakar tahap kedua biasanya disebabkan oleh cairan panas, seperti air mendidih atau minyak panas; sedangkan tingkat yang terakhir terjadi karena kulit langsung terpapar oleh api, listrik, atau petir. Kendati demikian, intensitas waktu paparan, apa pun penyebabnya, juga menentukan tahapan luka bakar.

Di Indonesia sendiri, penggunaan pasta gigi sebagai pertolongan pertama perawatan luka bakar lazim dilakukan. Namun, ternyata aktivitas itu merupakan suatu kesalahan. Nah, agar kita tak lagi melakukan kesalahan serupa, di bawah ini ada beberapa macam kesalahan dalam perawatan luka bakar. Berikut informasinya:

  1. Menggunakan pasta gigi

Alasan di balik penggunaan pasta gigi untuk meredakan luka bakar merupakan cara yang salah lantaran efek dingin yang diberikan pasta gigi hanya bersifat sementara dan sama sekali tidak membantu kesembuhan luka. Pasta gigi memang memberikan efek dingin pada kulit. Namun, ide ini tak layak untuk diaplikasikan.

Hal ini berlaku juga dengan butter atau jenis krim lain yang tidak diperuntukkan khusus untuk perawatan luka bakar. Kandungan minyak dari produk ini malah menahan panas, berlawanan dengan apa yang diupayakan. Penggunaan bahan-bahan dengan niat untuk menyembuhkan malah bisa menimbulkan masalah baru.

  • Mengompres dengan es

Saat kulit terasa seperti terbakar, seseorang cenderung mencari sesuatu yang instan untuk mendinginkan luka. Salah satu cara instan yang sering digunakan adalah dengan menggunakan es batu.

Luka memang cepat terasa dingin. Namun, penggunaan es akan memperlambat aliran darah ke area luka. Selain itu, es juga dipercaya bisa merusak jaringan kulit.

  • Menyiram dengan air susu

Meski jarang, tetapi ada kelompok orang yang menggunakan air susu untuk meredakan rasa panas akibat luka bakar. Cara ini tidak disarankan lantaran bisa memicu luka ke arah yang lebih parah. Gary Golderberg, seorang asisten profesor dermatologi klinis di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, New York, menjelaskan bahwa susu tidak bisa menyerap ke dalam kulit. Malah, bakteri pada susu bisa berkembang biak dan memicu infeksi.

  • Menutup bekas luka dengan perban

Memang benar jika luka perlu ditutup agar terhindar dari paparan bakteri dan mempercepat proses penyembuhan. Namun, hal yang berbeda berlaku pada kasus luka bakar. Pada bekas luka bakar, kebiasaan menutup dengan perban berisiko membuat kulit yang terbakar menempel pada perban saat harus dilepas.

Dikutip dari laman resmi Palang Merah Inggris, alih-alih membalutnya dengan perban, luka bakar sebaiknya ditutup dengan lembar bening atau plastik untuk mencegah infeksi.

  • Memecahkan Lepuhan

Kulit yang mengalami luka bakar seiring dengan berjalannya waktu akan menimbulkan lepuhan. Lepuhan itu bersisi cairan. Meski terlihat menggoda jangan sekali-kali mencoba memecahkan lepuhan tersebut seorang diri. Bila lepuhan terasa mengganggu minta bantuan dokter untuk mengempeskannya.

Lepuhan yang dipecahkan dengan sembarangan akan membuat kulit rusak sehingga menimbulkan risiko terpapar oleh bakteri, virus, kuman, atau hal lain yang ada di sekitar kita. Hal itu berjalan lurus dengan kemungkinan terjadinya infeksi di bagian yang luka.

***

Lantas, bagaimanakah penanganan dan perawatan luka bakar pertama yang bisa dilakukan? Para ahli sepakat bahwa ketika seseorang mengalami luka bakar, hal pertama yang bisa dilakukan adalah cukup menyiram dengan air mengalir untuk mendinginkan luka. Penggunaan air mengalir bisa menurunkan rasa panas, mengurangi rasa sakit, dan meminimalisir pembengkakan sekitar bekas luka bakar.

Setelah itu, jika dirasa perlu berdasarkan tingkat keparahan luka, seseorang bisa langsung merujuk dirinya ke dokter atau fasilitas medis terdekat untuk mendapatkan luka bakar lanjutan. Penanganan dan perawatan luka bakar ini penting dan punya kaitan dengan “hasil” atau bekas luka di kulit pada kemudian hari.

Read More

Apa Penyebab Gigi Tonggos?

Memiliki gigi tonggos sering merusak kepercayaan diri seseorang. Disebut juga dengan istilah malocclusion, gigi tonggos merupakan kondisi gigi yang tidak selaras dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda. Meskipun membuat beberapa orang tidak percaya diri dengan penampilan sendiri, banyak orang lebih memilih untuk hidup damai dengan kondisi gigi tonggos dan tidak melakukan perawatan apapun untuk memperbaikinya. Contoh yang paling terkenal adalah Freddie Mercury, vokalis legendaris band Queen tersebut memiliki masalah gigi tonggos tanpa merubahnya. Sementara itu, tidak sedikit pula yang memilih untuk memperbaiki gigi tonggos karena alasan kosmetik atau penampilan. Dalam kasus-kasus tertentu, gigi tonggos dapat menyebabkan komplikasi apabila tidak dirawat dan diperbaiki, seperti kerusakan pada gigi, gusi, dan lidah karena menggigit tanpa sengaja. Penyebab, tingkat keparahan, dan gejala gigi tonggos menjadi faktor penting untuk menentukan apakah Anda perlu memperbaiki gigi tonggos atau tidak.

Penyebab gigi tonggos

Gigi tonggos biasanya merupakan kondisi turunan. Bentuk rahang, sama halnya dengan fitur fisik lainnya, dapat diwariskan dari generasi ke generasi lain. Kebiasaan waktu anak-anak, misalnya sering mengisap ibu jari dan menggunakan dot, juga dapat menjadi penyebab lain gigi tonggos.

  • Gigi tonggos akibat mengisap ibu jari

Saat orang tua mengingatkan anak mereka bahwa mengisap ibu jari dapat menyebabkan gigi tonggos, mereka menyatakan hal yang sesungguhnya. Kegiatan mengisap ibu jari disebut dengan kebiasaan mengisap tidak-bergizi (NNSB), yang berarti pergerakan mengisap tidak menyediakan nutrisi apapun apabila dibandingkan dengan menyusu. Apabila kebiasaan tersebut terus berlanjut bahkan saat anak sudah berusia sekitar 3 hingga 4 tahun saat gigi permanen mulai muncul, tekanan yang diciptakan isapan dan ibu jari dapat menyebabkan gigi tumbuh dalam sudut yang tidak normal secara permanen.

  • Gigi tonggos akibat empeng

Mengisap empeng (pacifier) merupakan bentuk lain NNSB. Hal ini dapat menyebabkan gigi tonggos sama halnya dengan mengisap ibu jari. Menerut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 di Jurnal Lembaga Gigi Amerika, penggunaan empeng dihubungkan dengan risiko lebih tinggi untuk menyebabkan malocclusion dibandingkan dengan mengisap jari atau ibu jari.

  • Dorongan lidah

Dorongan lidah terjadi ketika lidah menekan terlalu jauh ke depan. Hal ini sering menyebabkan gigi tonggo. Kondisi ini lebih sering muncul pada anak-anak, namun orang dewasa juga dapat memilikinya. Dorongan lidah dapat terjadi karena beberapa hal, mulai dari amandel benkak yang parah atau kebiasaan menelan yang buruk. Pada orang dewasa, stres juga dapat menyebabkan kondisi ini. Beberapa orang dewasa mendorong lidah mereka saat tidur.

  • Faktor genetik

Beberapa orang terlahir dengan rahang yang tidak rata, misalnya rahang atas atau bawah yang lebih kecil. Gigi tonggos sering merupakan hasil dari faktor genetik bawaan, dan orang tua, saudara kandung, dan sepupu mungkin memiliki penampilan yang mirip.

  • Gigi tanggal atau gigi berlebih

Jarak antar gigi atau gigi yang menumpuk dapat mengubah penjajaran gigi depan Anda dan menyebabkan tampilan gigi tonggos. Gigi ompong dapat menyebabkan gigi yang masih ada berpindah posisi, sehingga memengaruhi posisi gigi depan. Di sisi lain, tidak memiliki cukup ruang untuk gigi tumbuh juga dapat menyebabkan gangguan penjajaran.

Gigi tonggos dapat menyebabkab beberapa gangguan kesehatan, tergantung seberapa parah kondisi tersebut. Gigi tonggos dapat menyebabkan gangguan berbicara, masalah pernapasan, defisiensi mengunyah, kerusakan pada gigi dan gusi, rasa sakit saat menggigit dan mengunyah, dan perubahan penampilan pada wajah.

Read More