Cara Memasak Kol Ungu untuk Dapatkan Manfaatnya

Kol menjadi salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia karena mudah didapat, kol ungu dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat kol ungu diketahui berasal dari senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin sekaligus merupakan kandungan yang membuat warna kol ini menjadi ungu.

Diketahui bahwa kol ungu memiliki sekitar 4,5 kali lebih tinggi ketimbang kol hijau, tak hanya senyawa antioksidan yang diketahui memiliki banyak manfaat. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari jenis sayuran ini dapat menggunakan berbagai resep masakan. Mulai direbus, ditumis atau dijadikan sebagai lalapan ketika mengonsumsi masakan lain.

Memasak Kol Ungu

Selain dinamakan kol unggu karena memang memiliki warna demikian, jenis kol ini juga disebut kol merah. Termasuk dalam jenis sayuran renyah beraroma kuat, selain antioksidan kandungan di dalamnya juga terdapat kalium dan vitamin C yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan manfaat kol ungu bagi kesehatan tubuh, bisa dilakukan dengan dikonsumsi menggunakan cara berikut ini.

  1. Direbus
  2. Siapkan kol yang sebelumnya telah dibilas terlebih dahulu menggunakan air dingin yang mengalir, setelah itu keringkan menggunakan handuk kertas.
  3. Kemudian belah kol dengan pisau menjadi beberapa bagian, sembari mengiris kol persiapkan panci yang sudah diisi air sebanyak setengah dari panci tersebut.
  4. Masak hingga air mendidih, setelah itu masukkan 1 sdt garam per 1 liter air dan masukkan kol yang sudah diiris sebelumnya.
  5. Rebus hingga mendidih lagi, kurang lebih selama satu jam tanpa harus ditutup hingga kol melunak ketika ditusuk menggunakan garpu.
  6. Jika sudah buang setengah air rebusan dan bisa ditambahkan mentega atau garam sesuai dengan selera atau secukupnya.
  7. Ditumis
  8. Setelah kol disiapkan, cuci menggunakan air bersih yang mengalir dan buang helai terluar serta potong bonggol.
  9. Iris tipis-tipis, di saat bersamaan panaskan wajan yang sudah diberi 2 sdm minyak zaitun menggunakan api sedang.
  10. Masukkan 1 bawang yang sudah diiris dengan kol, aduk dan tumis selama tiga hingga lima menit atau sampai kol menjadi layu.
  11. Masukkan 1/3 gelas cuka sari apel ke dalam wajan, taburkan dua sdm gula tepat di atas kol kemudian aduk hingga merata.
  12. Bumbu tumis bisa menggunakan 1 sdt biji mustard, garam dan merica sesuai selera, tumis dan masak selama 10 menit lalu sajikan.

Manfaat Kol Ungu

Setelah mengetahui cara memasak kol ini, perlu diketahui juga beberapa manfaat kesehatan yang diberikan sayuran ini terhadap tubuh. Manfaat kesehatan inilah yang membuat kol ungu menjadi salah satu jenis sayuran yang digemari banyak masyarakat ketimbang kol hijau, berikut beberapa manfaat tersebut.

  • Menguatkan Tulang

Kandungan vitamin K, kalsium, seng dan mangan pada kol ungu sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kandungan ini bisa membantu membangun dan mempertahankan kekuatan serta kesehatan tulang, selain itu juga melindungi sel-sel tulang dari kerusakan berbahaya.

  • Kesehatan Usus

Memiliki serat cukup banyak, kandungan ini mampu menjaga usus tetap sehat dan membantu proses mencerna makanan menjadi lebih mudah. Buang air besar juga semakin lancar, menurunkan risiko sembelit dengan 70 persen kandungan serat tak larut dan 30 persen serat larut.

  • Kesehatan Jantung

Mengandung lebih dari 36 antioksidan anthocyanin, selain warna khas kandungan itu juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Antioksidan erat hubungannya dengan tekanan darah dan risiko mengalami penyakit jantung yang lebih rendah.

Read More
Hidup Sehat

Micellar Water Vs Toner, Manakah yang Lebih Baik?

Kini, dunia kecantikan sedang berkembang pesat hingga banyak sekali bermunculan berbagai produk perawatan. Dengan banyaknya pilihan skin care, membuat banyak wanita bingung dalam memilih produk, mana yang cocok dengan kulit mereka, mana yang kira-kira mereka butuhkan. Salah satunya adalah produk micellar water dan toner. 

Banyak yang bingung perbedaan di antara keduanya. Memiliki manfaat yang sama, belum tentu sama pula hasil akhirnya. Jadi, apa perbedaan antara keduanya, dan manakah yang berbaik?

Perbedaan micellar water dan toner

Micellar water dan toner adalah salah satu komponan terpenting yang pada dasarnya digunakan untuk membersihkan riasan. Keduanya memiliki manfaat yang sama, yaitu sama-sama memiliki kemampuan untuk mengangkat kotoran pada wajah. Namun, pekerjaan mereka tetap berbeda. Berikut informasi yang benar-benar perlu Anda ketahui untuk mengetahui perbedaan keduanya. 

Apa itu micellar water?

Micellar water dimaksudkan sebagai produk perawatan kulit serbaguna terbaik yang cukup ampuh dalam mengangkat kotoran pada wajah, dalam hal ini make up. Micellar water terdiri dari air murni yang melembapkan kulit seperti gliserin dan surfaktan ringan, yang merupakan senyawa yang digunakan untuk membersihkan. 

Micellar water pada dasarnya digunakan untuk menghilangkan riasan atau make up seperti yang sebelumnya telah dijelaskan. Hal ini akan membantu Anda untuk menghilangkan riasan dan membuat kulit halus dan lebih bersih. 

Apa itu toner?

Sederhananya, toner pada dasarnya disebut lotion. Ini digunakan untuk membersihkan kulit. Namun, toner juga dapat membantu mengencangkan kulit, menutup pori-pori yang terbuka, dan menjaga pH kulit Anda. Karena bantuannya dalam menjaga kulit dengan sempurna inilah yang membuat toner dikenal sebagai produk perawatan kulit. 

Perbandingan antara micellar water dan toner

Jadi, inilah perbandingan dasar antara micellar water dengan toner. Baik micellar water atau toner, bermanfaat untuk kulit. Mudahnya, micellar water digunakan untuk menghilangkan riasan agar kondisi kulit menjadi lebih baik. Sedangkan toner, bermanfaat untuk menghapus riasan pada kulit. 

Manfaat micellar water pada kulit

Berikut beberapa manfaat micellar water terbaik untuk kulit Anda. 

  • Meningkatkan hidrasi kulit. Setiap orang membutuhkan kulit yang terhidrasi dengan sempurna. Nah, micellar water menjaga kualitas ini dengan menjaga kulit tetap terhidrasi saat Anda mengunakannya. Micellar water jauh lebih bermanfaat dalam menjaga kulit daripada gliserin. Selain itu, micellar water termasuk produk yang lembut dan aman, jadi tidak menyebabkan kulit iritasi serta merupakan pilihan terbaik untuk kulit kering. 
  • Menghilangkan kotoran dan minyak. Meskipun digunakan untuk membersihkan make up pada wajah, namun micellar water pun bermanfaat sebagai pembersih kulit  dan minyak dari kulit dengan hasil terbaik. Micellar water mengandung misel yang sangat efektif menghilangkan kotoran, debu, dan minyak pada kulit wajah Anda. 
  • Aman untuk segala jenis kulitMicellar water adalah satu-satunya senyawa yang cocok untuk semua jenis kulit. Seseorang dapat memilih micellar water tanpa takut tidak cocok, serta mendapatkan manfaat dari kulit yang indah, bercahaya serta bebasa dari kotaran dan debu. 
  • Kulit lebih bercahaya dan bersih. Manfaat lain dari micellar water adalah memabntu kulit lebih glowing. Selain membersihkan kulit dan membuatnya lebih bercahaya, micellar water pun membantu menghilangkan kulit mati, sehingga Anda bisa terbebasa dari sel-sel kulit mati di wajah Anda. 

Manfaat toner 

  • Membersihkan kulit. Salah satu manfaat toner adalah membantu membersihkan kulit dari kotoran dan debu jahat yang menempel pada kulit selama beraktivitas seharian. 
  • Mengurangi munculnya pori-pori. Salah satu cara untuk menutup pori-pori dengan baik adalah dengan menggunakan toner setiap hari. Jadi, kulit Anda akan terbebas dari pori-pori yang terbuka. 
  • Mengurangi jerawat dan komedo. Komedo dan jerawat dapat membuat kulit terlihat tidak menarik. Salah satu cara terbaik dan mudah adalah dengan menggunakan toner secara rutin. Pasalnya, dengan membersihkan kulit wajah secara rutin maka jerawat dan komedo pun tidak akan muncul dan kulit menjadi lebih bersih. 
  • Meratakan warna kulit. Manfaat lain dari menggunakan toner adalah membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membantu meratakan warna kulit wajah. 

Jadi, manakah yang akan Anda pilih, micellar water atau toner? Apapun yang Anda pilih, gunakan kedua produk tersebut sesuai kebutuhan dan sesuai jenis kulit Anda. 

Read More
Hidup Sehat

6 Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi

Kondisi keringat berlebih pada bayi dapat menyebabkan pori-pori tersumbat hingga akhirnya keringat tidak bisa keluar hingga menjadi biang keringat. Biang keringat biasanya muncul dikarenakan kelenjar keringat bayi belum berkembang dengan sempurna, karena bisa membuat bayi menjadi tidak nyaman tentu banyak para orang tua mencari cara menghilangkan biang keringat bayi.

biang keringat

Lingkungan dengan cuaca panas, hangat atau pakaian terlalu tebal dapat menyebabkan bayi mengalami biang keringat. Selain itu, sirkulasi udara kurang baik bisa membuat suhu di dalam ruangan menjadi panas atau gerah. Ditambah, bayi yang dibedong atau memakai terlalu lama banyak lapisan baru juga bisa mengalami biang keringat.

Cara Menghilangkan Biang Keringat

  1. Hindari Lingkungan Panas dan Lembab

Bagi para orang tua perhatikan sirkulasi udara di dalam rumah terutama ruangan bayi, bisa jadi tidak bekerja dengan baik. Jika demikian, segera pindahkan bayi ke ruangan yang lebih sejuk dengan udara yang mengalir. Ketika berada di  luar ruangan, pakai penutup yang bisa menahan panas seperti payung atau topi.

  1. Konsumsi Banyak ASI

Ketika akan berpergian atau kondisi suhu di dalam ruangan rumah meningkat maka bayi akan mengeluarkan keringat, kondisi ini meningkatkan risiko munculnya biang keringat. Para orang tua, khususnya ibu jangan lupa untuk memastikan bayi telah mengonsumsi ASI dalam jumlah yang banyak.

Konsumsi ASI yang banyak bermanfaat untuk mengganti semua cairan yang hilang dari tubuh ketika terkena udara panas. Bayi pun tak mengalami dehidrasi jika konsumsi ASI sudah banyak, selain itu manfaat ASI juga bisa mempercepat kesembuhan biang keringat semakin memerah atau sebagai antiinflamasi.

  1. Perhatikan Bahan Pakaian

Ketika suhu sedang berada dalam kondisi panas, gunakan pakaian berbahan tipis untuk dikenakan pada bayi. Pilih bahan katun karena dapat menyerap keringatnya, jika sudah basah oleh keringat segera ganti dan keringkan keringat yang terdapat di kulit. Jangan gunakan bahan polyester dan nylon, karena dapat membuat bayi gerah.

Selain itu juga perhatikan ukuran baju bayi, pilih pakaian yang sedikit longgar hingga sirkulasi udara yang mengenai kulitnya lebih lancar. Perhatikan pula alas tidur, sarung bantal hingga bahan apa saja yang kerap digunakan bayi, pilih yang terbuat dari katun.

  1. Perhatikan Suhu Air

Ketika udara di sebuah ruangan atau rumah berada dalam kondisi panas, ibu harus memerhatikan suhu air mandi dan pastkan tidak terlalu panas. Air yang hangat justru akan memacu keringat, bukan malah membuat si bayi menjadi segar, pastikan juga airnya tidak terlalu dingin agar bayi mandi dengan nyaman.

  1. Keringkan Tubuh Bayi

Setelah dimandikan, keringkan tubuh bayi hingga benar-benar kering pastikan hingga ke sela-sela tubuh dan lipatan tubuh bayi. Terutama bagian yang rentan terkena keringat, pakai handuk berbahan katun yang mudah menyerap air dan mengeringkan kulit si bayi.

  1. Jaga Kebersihan Bayi

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang paling ampuh adalah dengan menjaga kebersihan kulit bayi. Rajin menjaga kebersihan termasuk memotong kuku saat mulai panjang, hal ini dapat menjaga kulit bayi dan lebih cepat pulih ketika mengalami biang keringat. Ketika bayi tidak dalam pengawasan secara langsung, sarung tangan katun sangat bermanfaat.

Biang keringa pada bayi pada umumnya adalah kondisi yang serius, meskipun dapat mereda dalam beberapa hari. Yang perlu diperhatikan dengan mencegah penyebab yang muncul yakni kepanasan, berpotensi sebagai kondisi serius seperti kematian mendadak akibat kepanasan saat tidur.

Read More

Apakah Sebaiknya Mengonsumsi Patin Siam atau Dihindari?

Ikan patin siam dikenal juga dengan swai fish, adalah spesies ikan lele dalam famili Pangasiidae. Ikan ini memiliki tekstur daging yang lembut, terasa ringan, dan mudah disiapkan, karena filletnya tidak bertulang. Selain itu, harga patin siam pun juga sangat terjangkau.

Sayangnya, ikan ini mungkin tidak memiliki kandungan gizi dan manfaat kesehatan yang sama dengan ikan lainnya. Bahkan, ikan ini diragukan nutrisi dan manfaatnya karena proses pengolahannya yang sebagian besar diimpor dari Vietnam. 

Fakta kandungan nutrisi patin siam

Untuk melihat seberapa banyak nutrisi yang akan Anda peroleh ketika mengonsumsi patin siam, berikut ini adalah kandungan zat gizi dalam 113 gram patin siam, yaitu:

  • Energi : 70 Kalori
  • Protein : 15 gram
  • Lemak : 1,5 gram
  • Karbohidrat : 0 gram
  • Omega-3 : 11 mg
  • Kolesterol : 45 gram
  • Natrium : 350 mg
  • Niacin : 14% AKG
  • Vitamin B12 : 19% AKG
  • Selenium : 26% AKG

Dari kandungan zat gizi ini, dapat dilihat bahwa patin siam tidak mengandung karbohidrat. Jumlah natriumnya bisa bervariasi pada setiap ikan, karena biasanya patin siam diberikan tambahan pengawet sodium tripolyphosphate untuk menjaga ikan tetap lembab dan tidak rusak selama proses pengolahan dan pengiriman. Untuk kandungan vitamin B12 dan niacin dalam ikan patin siam juga bervariasi tergantung pada pakan yang diberikan.

Manfaat mengonsumsi patin siam 

The American Heart Association dan The Dietary Guidelines for Americans (2015 – 2020) menyarankan agar kita makan ikan atau kerang minimal dua kali dalam seminggu. Ikan berlemak yang mengandung asam lemak omega-3 lebih tinggi dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. 

Seperti yang kita lihat, patin siam adalah ikan yang rendah kalori, sehingga pilihan yang cocok untuk Anda yang sedang menjalani pola makan defisit kalori. Kandungan proteinnya yang moderat dapat membantu tubuh Anda membangun otot, menghasilkan hormon dan enzim yang diperlukan, serta meningkatkan tingkat energi Anda untuk kalori yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan daging.

Perhatikan alergi!

Jika Anda tidak memiliki masalah alergi saat mengonsumsi ikan lainnya, maka besar kemungkinan Anda tidak alergi dengan patin siam. Jika seandainya Anda memiliki alergi terhadap kerang, bukan berarti Anda juga alergi terhadap patin siam. 

Namun, Anda tetap harus berhati-hati, karena alergi bisa saja muncul dan hanya terjadi pada beberapa jenis ikan tertentu saja, tidak menutup kemungkinan pada ikan patin siam

Seperti alergi makanan lainnya, alergi yang terjadi pada patin siam kemungkinan besar menimbulkan gejala, seperti gatal-gatal, mual, muntah, atau sakit kepala setelah mengonsumsinya.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan

Mungkin Anda pernah mendengar isu tentang keamanan mengonsumsi patin siam. Hal itu terjadi karena lingkungan produksi patin siam yang sebagian besar dibudidayakan di Sungai Mekong di Vietnam. 

Industri peternakan patin siam tersebut menghasilkan limbah cair dalam jumlah yang cukup besar, sehingga dapat merusak ekosistem sungai. Ditambah lagi, banyak peternakan yang dianggap melakukan pembuangan sampah ilegal, sehingga memperburuk kondisi lingkungan tersebut. Akibatnya, peternakan ikan patin siam juga ikut terpengaruh. 

Di sisi lain, praktik budidaya ikan patin siam di Vietnam juga sering menggunakan bahan kimia dan antibiotik. Hal ini membuat kegiatan ekspor ikan patin siam sering mengalami penolakan di negara-negara Eropa, karena tingginya tingkat residu antibiotik. 

Hal yang tidak kalah penting juga adalah kontaminasi merkuri. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% sampel patin siam yang diuji mengandung merkuri melebihi batas aman yang direkomendasikan oleh WHO.

Beberapa hal inilah yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengonsumsi ikan patin siam. Memang, ikan ini juga bermanfaat untuk tubuh kita. Namun, bila Anda merasa ikan patin siam yang akan dikonsumsi tidak terjamin keamanannya, maka lebih baik mengonsumsi jenis ikan lain yang jauh lebih aman dan mungkin, lebih kaya nutrisi dibandingkan dengan patin siam.

Read More

Garam Kosher untuk Memasak

Pernah bertanya-tanya mengapa banyak resep menggunakan garam kosher daripada garam biasa? Jika Anda berasumsi bahwa mereka bisa saling menggantikan, ternyata tidak.

Garam kosher adalah garam yang dapat dimakan dengan butiran rata dan kasar tanpa bahan tambahan. Bahan garam kosher terutama terdiri dari natrium klorida. Berikut perbedaan signifikan antara garam kosher dan garam biasa atau garam meja:

  • Garam kosher memiliki butiran yang lebih lebar dan lebih kasar dibandingkan garam meja. Bentuk butiran garam kosher yang lebih luas memberikan cara dan cita rasa yang lebih lembut daripada garam meja. Menggunakan garam kosher meningkatkan cita rasa makanan, bukan membuatnya terasa asin.
  • Garam kosher tidak mengandung yodium, yang dapat memberi rasa pahit pada makanan yang diasinkan dengan garam meja. Jika Anda makan makanan seimbang dengan buah dan sayuran, Anda kemungkinan besar mengonsumsi cukup yodium alami dan tidak memerlukan tambahan yodium dalam garam meja.

Karena garam kosher memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi di berbagai merek, tidak selalu terukur secara konsisten takaran yang perlu Anda gunakan. 

Penggunaan terbaik garam kosher adalah saat Anda membumbui makanan dengan tangan Anda, terutama daging dan sayuran sebelum dimasak.

Secara keseluruhan, garam kosher adalah garam bebas yodium. Jika Anda menghindari garam meja beryodium karena, selain rasa yodium yang tidak menyenangkan, gunakan garam kosher. Karena semua yang Anda masak akan terasa lebih enak.

Read More
Hidup Sehat

Mari Mengenal Alexithymia, Kondisi Sulit Mengungkapkan Emosi

Sebagian orang merasa kesulitan ketika ingin mengungkapkan perasaannya. Hal ini tidak terbatas pada perasaan jatuh cintas saja, namun juga berbagai emosi lain seperti sedih, marah, gelisah, dan sebagainya. Seseorang bisa kesulitan memahami kondisi emosinya sendiri sehingga ketika akan mengungkapkannya pun merasa bingung. Hal tersebut disebut sebagai alexithymia. Untuk memahami lebih lanjut mengenai alexithymia, simak penjelasan lengkapnya seperti berikut ini. 

Apa itu alexithymia?

Alexithymia adalah kondisi tertentu yang menyebabkan emosi seseorang menjadi datar sebab terjadi kesulitan dalam mengidentifikasi emosi, memahami emosi, dan mengungkapkan emosi. Alexithymia bukan gangguan kejiwaan, namun sebagai penyerta yang muncul pada pasien gangguan mental. Meski demikin, tidak semua orang yang memiliki gangguan mental pasti mengalami alexithymia.   

Gejala alexithymia

Untuk memahami lebih lanjut mengenai alexithymia, Anda perlu mengetahui gejalanya. Terdapat beberapa gejala yang muncul pada pasien yang mengalami alexithymia. Berikut penjelasan lengkapnya. 

  1. Terbatas dalam berimajinasi

Berimajinasi menjadi hal yang menyenangkan sebab Anda dapat memikirkan apa pun tanpa batas. Sayangnya, beberapa orang memiliki kesulitan ketika harus berimajinasi. Terbatasnya kemampuan seseorang dalam berimajinasi dan berfantasi bisa menjadi salah satu gejala alexithymia. 

  1. Berkepribadian kaku

Gejala alexithymia salah satunya adalah berkepribadian kaku. Hal ini menyebabkan gaya berpikir menjadi sangat logis dan tidak memperhitungkan emosi sama sekali. Jika Anda mengalami alexithymia, biasanya menjadi sulit bercanda. 

  1. Sulit menyampaikan perasaaannya

Mengalami alexithymia bisa menghambat Anda ketika ingin mengomunikasikan perasaan. Sebab gejala seperti kesulitan menganalisis perasaan hingga menyampaikannya merupakan gejala alexithymia. Selain itu, jika Anda mengalami alexithymia, maka biasanya akan sulit membuat strategi ketika menghadapi stres.

  1. Sulit memahami orang lain

Gejala lain yang muncul jika seseorang mengalami alexithymia adalah kesulitan memahami orang lain. Untuk memahami kepentingan serta kebutuhan orang lain, Anda tentu memerlukan kecerdasan emosional. Sedangkan jika mengalami alexithymia, memahami emosi sendiri pun sangat sulit, apalagi memahami orang lain. 

Faktor yang mempengaruhi alexithymia

Penyebab alexithymia belum dapat diketahui dengan pasti. Meski demikian, terdapat beberapa faktor yang dapat memicu alexithymia ini. Berikut ini penjelasan lengkapnya. 

  1. Kerusakan pada otak 

Salah satu faktor yang bisa memicu alexithymia adalah terjadinya kerusakan pada otak. Kerusakan yang terjadi tidak seluruhnya, hanya pada bagian tertentu yang dinamakan anterior insula. Bagian otak ini memiliki peran dalam kemampuan emosi, sosial, dan empati. Jika terjadi kerusakan pada anterior insula, seseorang bisa menjadi datar secara emosi.

  1. Faktor genetika

Faktor kedua adalah genetika. Alexithymia dapat terjadi apabila terdapat anggota keluarga yang juga mengalami alexithymia. Meski tidak selalu terjadi, akan tetapi jika Anda memiliki keluarga dengan kondisi alexithymia, maka kemungkinan Anda mengalami alexithymia juga menjadi lebih besar. 

  1. Faktor lingkungan 

Selain faktor genetika, lingkungan juga dapat memicu alexithymia. Penelitian untuk hal ini telah dilakukan, lingkungan yang traumatis dapat memicu alexithymia. Selain itu, faktor seperti ekonomi yang buruk, adanya penyakit fisik tertentu, serta memiliki gangguan mental juga dapat memicu alexithymia. 

Hingga hari ini pengobatan alexithymia masih disesuaikan oleh kondisi lain yang menyertainya. Penanganan yang disarankan oleh dokter adalah untuk melatih kesehatan emosi dengan beberapa jenis terapi. Beberapa terapi yang biasanya diberikan pada penderita alexithymia yaitu psikoterapi (terapi bercerita), terapi berkelompok, dan terapi perilaku kognitif. Alexithymia biasanya muncul bersama dengan penyakit mental tertentu sehingga sebaiknya bertemu psikitater untuk mendapatkan bantuan jika gejala-gejala yang telah disebutkan di atas mulai muncul. 

Read More
Hidup Sehat

Lakukan Cara Ini agar Tidak Ada Rasa Iri Hati

Apakah Anda sering kali merasa tidak bahagia atau tidak puas setelah melihat pencapaian orang lain? Rasa iri hati dapat muncul kapan saja dan seringnya datang tanpa Anda sadari. Rasa ini sebenarnya merupakan perasaan alami dan manusiawi. Namun, jika tidak diolah, rasa iri hati tersebut dapat menjadi penyakit terhadap kesehatan mental dan membawa kerugian pada diri sendiri.

rasa iri hati

Cara agar tidak ada rasa hati

Di bawah ini terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengolah rasa iri hati, sehingga Anda tetap dapat mendapat kedamaian tanpa terus-terusan merasa tidak puas dan mengasihani diri.

  • Berhenti sementara dari segala aktivitas di media sosial (digital detox)

Jika Anda merasa tidak puas dan tidak bahagia selepas melihat postingan kolega atau teman Anda di sosial media, kemungkinan besar rasa iri hati yang Anda rasakan bersumber dari aktivitas Anda tersebut. Berhenti sementara dari segala aktivitas di media sosial, terlepas dari platform apa pun yang Anda gunakan (digital detox), dapat mengurangi rasa iri hati dan khawatir tersebut.

Lakukan digital detox secara bertahap, seperti dimulai dengan mengurangi durasi penggunaan media sosial atau menyaring kembali siapa saja yang Anda inginkan untuk terhubung di media sosial Anda.

  • Berhenti membandingkan

Sering kali rasa iri hati dimulai dari perasaan tidak puas ketika membandingkan apa yang dimiliki oleh diri sendiri dengan kehidupan orang lain. Memang terkesan lebih mudah untuk diucapkan, dibanding untuk dipraktikkan. Namun, mengolah rasa iri hati ini penting untuk dilakukan.

Anda dapat terus mengingatkan bahwa rezeki tiap individu pada dasarnya berbeda-beda, begitu pula dengan kewajiban dan tanggung jawab masing-masing. Orang yang Anda pikir memiliki kenyamanan lebih dari kondisi Anda, tentu juga memiliki masalah sebagaimana manusia biasanya pada umumnya. Melatih diri untuk dapat lebih pandai dalam bersyukur juga penting untuk dilakukan.

  • Lebih banyak berbagi

Menolong dan berbagi dengan orang lain dapat memicu perasaan bahagia. Tidak hanya harta, namun Anda dapat juga berbagi kemampuan, talenta, tenaga, dan waktu Anda untuk orang lain. Dengan rutin berbagi, pikiran Anda akan lebih disibukkan dengan bagaimana memaksimalkan manfaat yang Anda akan berikan pada sesama, sehingga kemungkinan munculnya rasa iri hati dapat dihindari.

  • Jadikan rasa iri hati sebagai motivasi

Rasa iri hati dapat Anda olah menjadi sesuatu yang konstruktif, sehingga Anda akan termotivasi untuk melakukan hal yang lebih. Meski begitu, rasa iri hati ini tidak boleh mendominasi perasaan dan pemikiran Anda, sehingga menjadi pikiran yang obsesif dan negatif.

Anda dapat memberi jeda pada diri sendiri dengan membuat rencana yang realistis untuk Anda capai. Sebagai contoh, jika Anda merasa iri pada teman Anda yang badannya terlihat lebih bugar dan sehat, latihlah kemampuan fisik Anda secara bertahap dan terapkan pola hidup sehat, mulai dari aktivitas yang mudah, seperti mengonsumsi smoothies setiap pagi.

  • Kenali diri Anda lebih baik

Rasa iri hati muncul, karena Anda merasa kurang akan kemampuan dan kualitas dalam diri Anda. Dengan mengenali diri Anda lebih baik lagi, Anda akan menemukan kelebihan diri sendiri. Temukan suatu hal yang dapat membuat Anda produktif dan bahagia ketika mengerjakannya. Latih kemampuan tersebut secara rutin hingga Anda menjadi ahli dalam bidang yang Anda geluti tersebut.

Read More
Hidup Sehat

Selain Bayi, Hewan Peliharaan juga bisa Keracunan Nikotin

hewan peliharan juga dapat keracunan nikotin

Nikotin merupakan senyawa kimia yang diolah dari berbagai tanaman, termasuk tembakau. Nikotin juga diproduksi secara sintetis. Nikotin umum ditemukan pada produk rokok konvensional maupun elektrik, dan insektisida. Nikotin juga seringkali diolah menjadi permen nikotin untuk membantu berhenti merokok.

Paparan nikotin yang berlebih menghasilkan efek toksisitas atau beracun. Pada anak-anak, keracunan nikotin dapat menyebabkan kegagalan jantung dan rusaknya sistem saraf pusat.

Keracunan nikotin bisa terjadi akibat tak sengaja terpapar asap rokok, atau menelan bahan yang mengandung nikotin lainnya. Tak hanya pada manusia, hewan peliharaan juga rentan mengalami keracunan nikotin. 

Toksisitas nikotin pada hewan peliharaan

Baik manusia maupun hewan, keduanya sama-sama memiliki reseptor nikotin di dalam tubuh. Reseptor nikotin tersebut akan berfungsi jika dirangsang dalam batas normal. Namun, rangsangan yang terlalu tinggi akan memicu efek toksisitas.

Keracunan nikotin bisa dipicu hanya dengan paparan nikotin dosis rendah, yaitu 1 mg / kg berat badan. Pada dosis yang lebih besar yaitu 9,2 mg / kg berat badan, akan menyebabkan kematian pada anjing dan kucing.

Gejala keracunan dapat muncul dengan cepat, sekitar 15 sampai 60 menit setelah menelan nikotin. Hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, akan menunjukkan gejala keracunan nikotin seperti mual, muntah, diare, dan mengeluarkan air liur secara berlebih. Selain itu, detak jantung mereka akan menjadi lebih cepat dan menunjukkan tanda-tanda gelisah.

Gejala lain yang mungkin terjadi antara lain:

  • Perilaku hiperaktif.
  • Sulit bernapas.
  • Kejang atau tremor.
  • Pupil mengecil secara tiba-tiba.
  • Inkoordinasi atau mudah tersandung.
  • Pingsan.

Pengobatan keracunan nikotin pada hewan peliharaan

Jika hewan peliharaan Anda menelan nikotin, segeralah bawa ke dokter hewan terdekat. Biasanya, jika hewan peliharaan Anda belum sampai satu jam menelan nikotin, maka akan dilakukan induksi muntah untuk mengeluarkan substansi yang tertelan.

Dokter juga akan memberikan arang aktif untuk mengurangi jumlah nikotin yang terserap oleh tubuh hewan. Dokter juga akan memberi perawatan lain untuk mengatasi kejang atau tremor yang dapat terjadi setelah proses eliminasi nikotin.

Selanjutnya, dokter akan mengawasi perubahan detak jantung, tekanan darah, dan pernapasan hewan peliharaan Anda. Jika hewan berhasil bertahan lebih dari empat jam, maka keadaannya akan baik-baik saja.

Namun, bila hewan peliharaan Anda terpapar dosis tinggi, prognosisnya akan semakin meningkat. Butuh waktu yang cukup lama agar kondisi kucing atau anjing Anda pulih total.

Pada saat perawatan, nikotin akan keluar dengan sendirinya melalui urin. Nikotin akan hilang sepenuhnya di tubuh dalam waktu kurang lebih 16 jam.

Mencegah hewan peliharaan dari toksisitas nikotin

Rokok elektrik (e-cigarette) atau disebut juga dengan vape mengandung nikotin cair yang mudah diserap melalui selaput lendir dan kulit hewan peliharaan. 

Tanpa Anda sadari, bisa saja kucing atau anjing Anda terpapar cairan nikotin, lalu mereka menjilatnya. Pada akhirnya, perilaku sederhana tersebut bisa berdampak pada keracunan hingga menyebabkan kematian. 

Hal inilah yang membuat rokok elektrik mungkin lebih berbahaya, karena nikotin cair dapat lebih cepat mencapai hati dan meningkatkan risiko keracunan yang lebih tinggi.

Sebagai upaya menghindari keracunan, simpan dan jauhkan produk yang mengandung nikotin dari jangkauan anak Anda sekaligus hewan peliharaan Anda. Pastikan untuk membersihkan pakaian Anda dari residu nikotin sebelum berinteraksi dengan hewan peliharaan.Anda juga bisa mencuci tangan dengan sabun, bahkan menyikat gigi untuk mencegah paparan nikotin dan terjadinya keracunan nikotin pada orang yang Anda sayangi.

Read More
Hidup Sehat

Serba-serbi Glycolic Acid yang Wajib Anda Ketahui

Asam glikolat atau glycolic acid dalah sejenis asam alfa-hidroksi (atau AHA) yang difungsikan untuk mengeksfoliasi kulit. Asam glikolat ini berasal dari tebu.  Dalam kelompok asam alfa-hidroksi (alpha-hydroxy acid), asam glikolat memiliki karakter yang unik.

acid

Glycolic acid menjadi yang paling sederhana sekaligus terkecil dalam struktur asam alfa-hidroksi. Ini dibuktikan dari berat molekulnya yang menempati posisi terendah. Kondisi itu membuat glycolic acid sangat mudah menembus kulit seseorang sehingga menjadi sangat efektif ketika diaplikasikan.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai glycolic acid ini, berikut beberapa informasi penting yang mungkin berguna untuk Anda:

  • Kinerja Glycolic Acid di Kulit Manusia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebagai eksfolian, glycolic acid akan bekerja melepaskan sel-sel kulit mati sekaligus mengungkap lapisan yang lebih baru dan lebih cerah. Lapisan kulit terluar manusia terdiri dari lapisan sel kulit mati yang rapat dan terikat erat, dengan penggunaan asam glikolat, struktur itu amat mungkin melonggar sehingga lapisan sel kulit mati yang keras dan kasar itu dapat lebih mudah terkelupas.

Selain itu, asam glikolat merangsang fibroblast di dermis untuk menghasilkan peningkatan jumlah kolagen. Kondisi ini jelas membantu kulit terasa lebih kencang dan meminimalkan garis-garis halus, serta kerutan. Akhirnya seseorang yang rutin menggunakan asam glikolat sebagai skincare-nya akan mendapati kulitnya terasa lebih halus, kencang, dan terlihat lebih bercahaya.

  • Komposisi Terbaik Penggunaan Glycolic Acid

Yang harus kita pahami sebelum mengaplikasikan asam glikolat ini ada kenyataan bahwa ia merupakan eksfolian. Seperti kita ketahui bahwa sifat dari eksfolian ini cukup berisiko bagi mereka pemilik kulit sensitif atau rentan terhadap iritasi. Oleh karena itu, sebaiknya mulai secara perlahan sembari menunggu reaksi kulit Anda.

Cobalah untuk mencampurkan atau menggunakan asam glikolat yang terdapat pada sabun pencuci muka, sebelum menggunakannya langsung sebagai serum tanpa pembilasan. Namun, untuk lebih aman, sebaiknya seseorang mendatangi klinik kecantikan atau dokter kulit untuk mendapatkan perawatan berbasis glycolic acid ini.

  • Jenis Kulit Apa yang Cocok dengan Glycolic Acid?

Asam glikolat ini paling cocok digunakan bagi seseorang pemilik jenis kulit normal, kombinasi, dan berminyak. Hati-hati untuk Anda pemilik kulit kering dan sensitif. Sebab penggunaan glycolic acid dapat memicu reaksi iritasi.

Namun, efek dari asam glikolat sendiri tidak hanya bergantung pada jenis kulit. Faktor cuaca juga perlu dipertimbangkan. Pada bulan-bulan musim dingin, misalnya, ketika fungsi pelindung kulit terganggu memungkinkan penetrasi asam glikolat lebih dalam, sehingga penggunaannya mungkin menimbulkan iritasi. Adapun pada bulan-bulan musim panas, penggunaan asam glikolat juga lebih berisiko, karena bisa membuat seseorang lebih sensitif terhadap sinar matahari.

  • Memadu-padankan Glycolic Acid

Produk yang cocok untuk dipadupadankan dengan glycolic acid tergantung dengan “kekuatan” kulit Anda. Sebagai contoh jika kulit Anda butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan retinol, menambahkan asam glikolat hanya akan menimbulkan masalah. Karena kombinasi keduanya hanya akan membuat kulit menjadi iritasi.

Sebaliknya, asam glikolat dapat bermanfaat jika digabungkan dengan eksfoliator lain yang lebih lembut seperti asam salisilat. Dengan begitu sebaikanya hindari mengombinasikan glycolic acid ini dengan bahan pengelupas inti (seperti retinol).

  • Efek Samping yang Mungkin Didapat

Glycolic acid adalah asam kuat, Anda berisiko mengalami iritasi kulit atau luka bakar. Secara keseluruhan sebenarnya sangat aman dan bermanfaat mengatasi masalah kulit, termasuk mengobati jerawat.

Untungnya, asam glikolat ini mengandung pengaman alami di dalamnya, yakni dapat segera dinetralkan dengan air. Sehingga sewaktu-waktu merasakan efek samping, seseorang dapat membilasnya untuk mencegah risiko lebih jauh.

***

Itulah beberapa hal yang dapat diketahui mengenai glycolic acid, asam alfa-hidroksi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mengetahui informasi mengenai asam glikolat memungkinkan seseorang mendapatkan hal besar dengan memanfaatkannya, termasuk terhindar dari efek sampingnya.

Read More
Hidup Sehat

Manfaat Minyak Kayu Manis Untuk Rambut

Aroma kayu manis selalu mengingatkan dengan kenangan indah akan makanan lezat. Namun ternyata, kayu manis bisa dijadikan sebagai minyak kayu manis.

Selain dihargai karena aromanya yang subur, minyak kayu manis juga terkait dengan beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan. 

Kayu manis dalam berbagai bentuk telah dipelajari untuk pengaruhnya terhadap pengendalian infeksi, manajemen gula darah, dan kondisi lainnya. Minyak kayu manis sendiri memiliki manfaat seperti:

  • Antibakteri
  • Antijamur
  • Antidiabetik
  • Sifat antioksidan

Minyak kayu manis dipercaya berguna untuk kesehatan rambut. Minyak kayu manis dapat mengatasi berbagai masalah rambut seperti penipisan rambut, rambut rontok, dan ketombe serta dapat juga merangsang pertumbuhan rambut Anda.

Minyak ini sangat populer untuk mengobati masalah rambut dan menjadi pilihan terbaik karena minyak kayu manis sangat alami dan kuat. Minyak kayu manis membantu menenangkan kulit kepala dan juga membantu memberantas ketombe dan gatal.

Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang menghubungkan kayu manis dengan pertumbuhan rambut pada manusia. Terdapat penelitian pada tikus yang menemukan beberapa penebalan dan pertumbuhan rambut ketika menggunakan kayu manis.

Selain itu, masker yang terbuat dari kayu manis, minyak zaitun, dan madu mungkin efektif dalam meningkatkan pertumbuhan dan penebalan rambut Anda. 

Penggunaan masker ini secara teratur memperkuat folikel rambut, mengurangi kusut, dan menghilangkan kerusakan rambut Anda. Masker adalah stimulator pertumbuhan rambut yang bagus. Masker kayu manis kaya akan kolin yang melembabkan kulit kepala, vitamin yang memperkuat pembuluh darah dan meregenerasi sel kulit serta mengaktifkan sirkulasi darah.

Meskipun memiliki berbagai manfaat, minyak kayu manis sangat kuat, dan mudah digunakan terlalu banyak. Efek samping dan reaksi termasuk ruam atau rasa terbakar pada kulit bisa saja terjadi.

Sangat penting untuk mengencerkan minyak kayu manis dengan minyak pembawa, sebelum digunakan. Coba gunakan satu tetes minyak esensial kayu manis ke dua cangkir atau lebih minyak pembawa, seperti minyak zaitun, almond, jojoba, atau minyak wijen.

Jangan pernah menggosok atau memijat minyak kayu manis langsung pada kulit kecuali jika diencerkan dengan minyak pembawa atau minyak lain.

Minyak kayu manis memiliki beragam manfaat kesehatan dan kecantikan. Hal ini dapat digunakan sebagai agen antibakteri dan antijamur, juga dapat digunakan dalam aromaterapi sebagai relaksan. Minyak kayu manis sangat kuat sehingga harus digunakan dengan sedikit.

Read More