Mengenal Vasodilatasi: Penyebab dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Vasodilatasi adalah pelebaran atau pembesaran pembuluh darah pada tubuh. Kondisi ini seringkali dianggap berbahaya sebab terjadi sebagai respon terhadap turunnya kadar oksigen dalam tubuh atau ketika suhu tubuh naik. Hal tersebut dapat menyebabkan darah rendah serta beberapa gangguan kesehatan lain. Meski demikian, vasodilatasi merupakan proses natural pada tubuh untuk meningkatkan aliran darah dan pengiriman oksigen ke area tubuh yang membutuhkan. Terdapat beberapa penyebab terjadinya vasodilatasi pada tubuh seseorang.

Penyebab vasodilatasi

Vasodilatasi dapat disebkan oleh berbagai hal seperti aktivitas olahraga, terjadi peradangan, konsumsi alkohol, perubahan suhu, dan obat-obat vasodilator.  Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Aktivitas olahraga

Vasodilatasi dapat disebabkan karena adanya aktivitas olahraga. Saat berolahraga, karbondioksida meningkat dan menyebkan tubuh berusaha mendorong oksigen sehingga terjadi vasodilatasi. Selain itu, olahraga menyebabkan penurunan nutrisi sebab banyak energi tubuh yang digunakan. Hal itu juga memicu vasodilatasi sebab tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi.

  • Terjadi peradangan

Jika Anda mengalami cedera atau penyakit tertentu maka besar kemungkinan akan timbul peradangan. Peradangan tersebut dapat menyebabkan kondisi vasodilatasi. Hal tersebut terjadi secara alami sebab tubuh berusaha meningkatkan aliran darah ke area peradangan sehingga seringkali muncul kemerahan dan rasa panas.

  • Konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol menjadi salah satu penyebab vasodilatasi. Mengapa bisa? Ketika Anda mengonsumsi alkohol, maka pembuluh darah akan melebar. Ketika pembuluh darah melebar, Anda akan merasa tubuh menjadi lebih hangat, memerah, dan mulai berkeringat.

  • Perubahan suhu

Penyebab lain vasodilatasi adalah adanya perubahan suhu lingkungan. Saat tubuh menjadi terlalu hangat, vasodilatasii akan menyebabkan aliran darah yang lebih banyak ke kulit guna mengurangi sensasi hangat di tubuh.

  • Obat-obat vasodilator

Obat vasodilatasi yang disebut vasodilator juga dapat menjadi salah satu penyebab melebarnya pembuluh darah. Obat ini akan bereaksi langsung terhadap sistem saraf otonom atau otot polos pembuluh darah.

Faktor yang berpengaruh

Beberapa faktor tambahan juga berpengaruh terhadap vasodilatasi. Beberapa faktor tersebut di antarnya adalah kesehatan, suhu, usia, berat badan, dan ketinggian lokasi. Ketika Anda mengalami perubahan suhu lingkungan dan berada di daerah yang tinggi maka vasodilatasi akan lebih gampang terjadi. Faktor lain adalah usia yang semakin tua, serta berat badan berlebihan. Keduanya akan menjadi faktor vasodilatasi berkurang dari tubuh sehingga membutuhkan bantuan medis. Kondisi kesehatan tentunya juga menjadi faktor penting yang berpengaruh terhadap terjadinya vasodilatasi di tubuh.

Manfaat vasodilatasi

Vasodilatasi memang bisa berbahaya terutama jika Anda memiliki beberapa jenis penyakit seperti hipotensi. Akan tetapi, vasodilatasi juga memiliki manfaat tersendiri seperti berikut ini.

  • Menjaga suhu tubuh tetap normal

Jika suhu Anda menjadi semakin panas, vasodilatasi akan terjadi. Dalam hal ini, vasodilatasi berperan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal.

  • Mengurangi tekanan darah dalam tubuh

Vasodilatasi dapat dimanfaatkan untuk pengobatan beberapa jenis penyakit seperti hipertensi dan gagal jantung. Vasodilatasi akan bekerja mengurangi tekanan darah dalam pembuluh darah di tubuh.

  • Memperlancar pengiriman sel kekebalan

Ketika aliran darah menjadi lancar dan cepat akibat terjadinya vasodilatasi, maka tubuh akan merasakan manfaatnya. Sel kekebalan akan dikirim lebih cepat sehingga perbaikan jaringan tubuh pun lebih cepat.

  • Meningkatkan efek obat

Manfaat lain vasodilatasi adalah mampu meningkatkan efek obat dan terapi radiasi. Cara kerjanya yaitu dengan mendorong pengiriman obat atau okesigen ke jaringan yang sedang dirawat.

Vasodilatasi dapat terjadi secara alami, menggunakan obat, dan bisa menggunakan alat tertentu. Obat berupa vasodilator dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Vasodilator digunakan untuk mengurangi tekanan darah serta mengurangi tegang pada otot jantung. Untuk penggunaannya, harus diawasi oleh dokter sebab jika salah malah akan membahayakan bagi tubuh.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*