Uncategorized

Obat Gangguan Telinga

Berbagai kondisi dapat mengakibatkan gangguan pada telinga dan mempengaruhi pendengaran atau keseimbangan Anda. Oleh karena itu, gangguan telinga harus segera diobati.

Telinga Anda memiliki tiga bagian utama yaitu luar, tengah dan dalam. Anda menggunakan semua bagian dalam pendengaran. Berikut beberapa kondisi va gangguan telinga:

  • Infeksi telinga adalah penyakit yang paling umum terjadi pada bayi dan anak kecil.
  • Tinnitus, suara menderu di telinga Anda, bisa jadi akibat suara keras, obat-obatan, atau berbagai penyebab lainnya.
  • Penyakit Meniere mungkin disebabkan oleh masalah cairan di telinga bagian dalam Anda; gejalanya meliputi tinitus dan pusing.
  • Barotrauma telinga adalah cedera pada telinga Anda karena perubahan barometrik (udara) atau tekanan air.

Beberapa kondisi gangguan telinga dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan ketulian. Sehingga Anda disarankan untuk segera melakukan pengobatan. 

Namun beberapa infeksi telinga sembuh tanpa pengobatan antibiotik. Hal ini tergantung pada banyak faktor, termasuk usia dan tingkat keparahan gejala. 

Untuk mengurangi rasa sakit akibat infeksi telinga, dokter mungkin akan menyarankan obat untuk mengurangi rasa sakit Anda. Berikut obat infeksi telinga, penyakit gangguan telinga yang paling umum:

  • Obat nyeri

Dokter Anda mungkin menyarankan penggunaan acetaminophen yang dijual bebas (Tylenol, lainnya) atau ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) untuk menghilangkan rasa sakit. Gunakan obat sesuai petunjuk pada label dan berhati-hatilah saat memberikan aspirin kepada anak-anak atau remaja. Anak-anak dan remaja yang sembuh dari cacar air atau gejala mirip flu tidak boleh mengkonsumsi aspirin karena aspirin telah dikaitkan dengan sindrom Reye. Diskusikanlah dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekhawatiran.

  • Obat bius tetes

Obat ini dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada kondisi gangguan telinga, selama gendang telinga tidak berlubang atau robek.

Setelah periode observasi awal, dokter Anda mungkin merekomendasikan pengobatan antibiotik untuk infeksi telinga. Bahkan setelah gejala membaik, pastikan untuk menggunakan antibiotik sesuai petunjuk. 

Gangguan telinga merupakan kondisi yang harus segera diobati, karena bagaimanapun juga penyakit ini akan berpengaruh pada kemampuan mendengar Anda. Segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami gangguan telinga dan bicarakan mengenai obat-obatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*