Hidup Sehat

Pola Hidup yang Mampu Cegah Gigi Kuning

Percaya tidak percaya, warna gigi bisa sangat memengaruhi tingkat kepercayaan diri Anda. Normalnya warna gigi berwarna putih gading. Orang-orang yang memiliki warna gigi demikian cenderug lebih mudah untuk tersenyum sehingga interaksi dengan orang lain menjadi lebih lancar. Sebaliknya jika Anda termasuk yang memiliki gigi kuning, perasaan minder untuk tersenyum dan berinteraksi dengan orang sangat mungkin terjadi sebab menyadari tidak sempurnanya warna gigi.

Apalagi sebenanrya, gigi kuning bukan hanya menandakan adanya perubahan pada gigi Anda. Gigi kuning juga mengindikasikan kondisi kesehatan gigi dan mulut yang cenderung kurang. Umumnya orang-orang yang memiliki gigi kuning juga bermasalah dengan bau mulut.

Untuk itu, menjaga kesehatan gigi dengan tetap menjaga tampilan warnanya menjadi sesuatu yang tidak boleh dipandang remeh. Berbagai tindakan pencegahan gigi kuning pun baiknya mulai Anda lakukan dari sekarang. Nyatanya cara mencegah gigi agar warnanya tidak berubah ke arah kekuningan tidaklah terlalu sulit dan semua upaya pencegahan hanya berhubungan dengan pola hidup Anda sehari-hari.

  1. Kurangi Konsumsi Teh dan Kopi

Mengonsumsi teh atau kopi secara rutin dalam jumlah yang terkontrol tiap harinya memang memiliki beberapa efek kesehatan yang baik. Kedua minuman ini juga dipercaya mampu mereduksi tingkat stres sehingga Anda lebih rileks. Akan tetapi, teh dan kopi pulalah yang membuat Anda rentan mengalami gigi kuning. Cobalah mengurangi konsumsi kedua minuman ini guna bisa mempertahankan keputihan gigi Anda.

  • Rajin Membersihkan Gigi

Anda termasuk orang yang malas atau rajin membersihkan gigi dengan sikat ataupun benang? Jika termasuk orang yang malas, cobalah untuk berbenah dan mulai rajin membersihkan gigi minimal 2 kali sehari. Pasalnya, kerajinan membersihkan gigi sangat memengaruhi warna gigi Anda. Orang yang jarang membersihkan gigi cenderung membiarkan plak menempel di gigi sehingga warna gigi bisa berubah menjadi kuning. Masalah bau mulut sampai kerusakan gigi pun menanti bagi Anda yang malas membersihkan gigi.

  • Berhenti Merokok

Coba perhatikan gigi para perokok aktif? Apakah Anda menyadari warna gigi mereka tampak lebih kuning? Apakah Anda termasuk dalam kelompok tersebut? Merokok memang cenderung membuat masalah gigi, termasuk mengubah warna gigi menjadi kuning karena banyaknya zat kimia yang terkandung dalam tiap batangnya. Berhenti merokok pun menjadi cara tepat untuk menghindari masalah gigi kuning bagi Anda.

  • Gunakan Obat Kumur

Guna membantu menjaga warna gigi Anda tetap seputih gading, cobalah membiasakan diri untuk menggunakan obat kumur. Penggunaan obat kumur bisa membanti menghilangkan plak-plak yang menempel di dinding yang menjadi penyebab gigi kuning. Setidaknya sebagai upaya pencegahan agar tidak terkena gigi kuning, baiknya Anda mengumur obat berbahan antiseptik minimal sekali tiap harinya.

  • Pertimbangkan Pasta Gigi Pemutih

Untuk mencegah gigi kuning, tentunya Anda harus melakukan upaya untuk mempertahankan bahkan meningkatkan keputihan gigi. Salah satu cara yang bisa Anda tempuh adalah menggunakan pasta gigi pemutih. Namun, tidak perlu setiap hari menggunakan pasti gigi jenis ini. Anda cukup menggunakan pasta gigi pemutih untuk menggosok gigi sebanyak 2—3 kali dalam seminggu. Selebihnya, Anda tetap menggunakan pasta gigi biasa yang lebih berfokus pada kesehatan gigi.

  • Hindari Obat-obatan Tertentu

Salah satu penyebab gigi kuning adalah pengonsusmian obat-obatan seperti tetrasiklin dan doksisiklin pada masa kecil. Untuk mencegah warna gigi berubah, Anda bisa menghindari penggunaan obat-obatan tersebut. Penggunaan beberapa suplemen yang rentan memberikan perubahan warna pada gigi pun patut Anda batasi.

*** Tidak sulit bukan mencegah gigi kuning? Dengan menerapkan pola hidup di atas, Anda bisa menjaga warna gigi Anda agar tetap seputih gading.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*