Hidup Sehat

Serba-serbi Glycolic Acid yang Wajib Anda Ketahui

Asam glikolat atau glycolic acid dalah sejenis asam alfa-hidroksi (atau AHA) yang difungsikan untuk mengeksfoliasi kulit. Asam glikolat ini berasal dari tebu.  Dalam kelompok asam alfa-hidroksi (alpha-hydroxy acid), asam glikolat memiliki karakter yang unik.

acid

Glycolic acid menjadi yang paling sederhana sekaligus terkecil dalam struktur asam alfa-hidroksi. Ini dibuktikan dari berat molekulnya yang menempati posisi terendah. Kondisi itu membuat glycolic acid sangat mudah menembus kulit seseorang sehingga menjadi sangat efektif ketika diaplikasikan.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai glycolic acid ini, berikut beberapa informasi penting yang mungkin berguna untuk Anda:

  • Kinerja Glycolic Acid di Kulit Manusia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sebagai eksfolian, glycolic acid akan bekerja melepaskan sel-sel kulit mati sekaligus mengungkap lapisan yang lebih baru dan lebih cerah. Lapisan kulit terluar manusia terdiri dari lapisan sel kulit mati yang rapat dan terikat erat, dengan penggunaan asam glikolat, struktur itu amat mungkin melonggar sehingga lapisan sel kulit mati yang keras dan kasar itu dapat lebih mudah terkelupas.

Selain itu, asam glikolat merangsang fibroblast di dermis untuk menghasilkan peningkatan jumlah kolagen. Kondisi ini jelas membantu kulit terasa lebih kencang dan meminimalkan garis-garis halus, serta kerutan. Akhirnya seseorang yang rutin menggunakan asam glikolat sebagai skincare-nya akan mendapati kulitnya terasa lebih halus, kencang, dan terlihat lebih bercahaya.

  • Komposisi Terbaik Penggunaan Glycolic Acid

Yang harus kita pahami sebelum mengaplikasikan asam glikolat ini ada kenyataan bahwa ia merupakan eksfolian. Seperti kita ketahui bahwa sifat dari eksfolian ini cukup berisiko bagi mereka pemilik kulit sensitif atau rentan terhadap iritasi. Oleh karena itu, sebaiknya mulai secara perlahan sembari menunggu reaksi kulit Anda.

Cobalah untuk mencampurkan atau menggunakan asam glikolat yang terdapat pada sabun pencuci muka, sebelum menggunakannya langsung sebagai serum tanpa pembilasan. Namun, untuk lebih aman, sebaiknya seseorang mendatangi klinik kecantikan atau dokter kulit untuk mendapatkan perawatan berbasis glycolic acid ini.

  • Jenis Kulit Apa yang Cocok dengan Glycolic Acid?

Asam glikolat ini paling cocok digunakan bagi seseorang pemilik jenis kulit normal, kombinasi, dan berminyak. Hati-hati untuk Anda pemilik kulit kering dan sensitif. Sebab penggunaan glycolic acid dapat memicu reaksi iritasi.

Namun, efek dari asam glikolat sendiri tidak hanya bergantung pada jenis kulit. Faktor cuaca juga perlu dipertimbangkan. Pada bulan-bulan musim dingin, misalnya, ketika fungsi pelindung kulit terganggu memungkinkan penetrasi asam glikolat lebih dalam, sehingga penggunaannya mungkin menimbulkan iritasi. Adapun pada bulan-bulan musim panas, penggunaan asam glikolat juga lebih berisiko, karena bisa membuat seseorang lebih sensitif terhadap sinar matahari.

  • Memadu-padankan Glycolic Acid

Produk yang cocok untuk dipadupadankan dengan glycolic acid tergantung dengan “kekuatan” kulit Anda. Sebagai contoh jika kulit Anda butuh waktu lama untuk menyesuaikan diri dengan retinol, menambahkan asam glikolat hanya akan menimbulkan masalah. Karena kombinasi keduanya hanya akan membuat kulit menjadi iritasi.

Sebaliknya, asam glikolat dapat bermanfaat jika digabungkan dengan eksfoliator lain yang lebih lembut seperti asam salisilat. Dengan begitu sebaikanya hindari mengombinasikan glycolic acid ini dengan bahan pengelupas inti (seperti retinol).

  • Efek Samping yang Mungkin Didapat

Glycolic acid adalah asam kuat, Anda berisiko mengalami iritasi kulit atau luka bakar. Secara keseluruhan sebenarnya sangat aman dan bermanfaat mengatasi masalah kulit, termasuk mengobati jerawat.

Untungnya, asam glikolat ini mengandung pengaman alami di dalamnya, yakni dapat segera dinetralkan dengan air. Sehingga sewaktu-waktu merasakan efek samping, seseorang dapat membilasnya untuk mencegah risiko lebih jauh.

***

Itulah beberapa hal yang dapat diketahui mengenai glycolic acid, asam alfa-hidroksi yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mengetahui informasi mengenai asam glikolat memungkinkan seseorang mendapatkan hal besar dengan memanfaatkannya, termasuk terhindar dari efek sampingnya.

Tags: 

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*