Penyakit

Sudah Tahu Cara Mengobati Tipes dengan Bahan Alami?

cara mengobati tipes secara alami

Tipes menjadi salah satu penyakit yang populer di Indonesia. Penyakit dengan nama lain demam tifoid ini terjadi lantaran infeksi bakteri Salmonellia typhi. Penderita tipes akan terkulai lemas lantaran tubuh merasakan demam bersuhu tinggi, sakit kepala, sakit perut, mual, konstipasi, maupun diare. Tipes bisa jadi berbahaya jika kita tidak tahu atau tidak menjalankan cara mengobati tipes dengan baik.

Umumnya, seseorang yang menderita tipes akan dirawat di fasilitas kesehatan agar mendapat perhatian khusus dari petugas medis. Namun, ternyata tipes bisa juga disembuhkan di rumah. Cara mengobati tipes ini cukup dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat lantan terdapat di sekitar kita. Lantas, apa saja bahan-bahan alami yang dimaksud? Berikut di antaranya:

  1. Jaga Asupan Cairan

Orang-orang yang mengidap penyakit tipes cenderung mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Hilangnya cairan dalam tubuh itu lantaran pengidap tipes juga mengalami diare. Oleh karenanya, menjaga asupan cairan ke dalam tubuh menjadi cara mengobati tipes paling dasar. Pasalnya, tidak tercukupinya kebutuhan cairan dalam tubuh akan membuat proses penyembuhan penyakit tipes menjadi lebih lama

Cairan yang bisa dan harus diminum tidak sebatas air mineral aja. Sumber cairan lainnya bisa didapatkan dari jus, teh herbal, dan cairan-cairan bernutrisi lainnya. Jangan lupa buat minum oralit atau oral rehydration therapy agar cairan tubuh yang hilang dapat tergantikan.

  1. Konsumsi Pisang

Bahan alami selanjutnya yang dapat mencegah tipes adalah pisang. Kandungan pektin atau serat larut dalam pisang dapat menyerap cairan di usus, sehingga dapat menurunkan diare. Selain itu, kandungan kalium pada pisang berfungsi untuk menggantikan eletrolit yang hilang akibat diare dan demam.

Agar cepat pulih, dianjurkan untuk mengonsumsi 2-3 buah pisang setiap harinya atau kamu juga bisa mencampurkan dua buah pisang dengan setengah cangkir yogurt dan satu sendok teh madu. Konsumsi selama 2-3 kali setiap hari.

  1. Cuka Apel Jadi Salah Satu Cara Mengobati Tipes

Cuka sari apel ternyata memberikan segudang manfaat untuk tubuh, termasuk mengembalikan energi pada pasien tipes. Sifat asam dari bahan alami ini dapat membantu mengeluarkan panas tubuh sehingga mengurangi suhu tubuh secara perlahan. Kandungan mineralnya pun dapat menggantikan mineral yang hilang karena diare.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan demam tipes dengan cuka sari apel. Pertama, campurkan setengah sendok teh cuka sari apel dan sedikit madu dalam segelas air. Selanjutnya, minum larutan ini sebelum makan selama 5 sampai 7 hari.

Cara yang kedua, campurkan cuka sari apel dan air hangat dengan perbandingan 1:2. Rendam kain lap dalam cairan tersebut, peras, dan letakkan di dahi dan perut. Celupkan kembali saat kain lap sudah agak dingin dan ulangi sampai demam Anda turun.

  1. Rasakan Khasiat Bawang Putih

Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga memiliki banyak khasiat buat kesehatan. Salah satunya, menjadi cara mengobati tipes.

Kandungan-kandungan dalam bawang putih, yang salah satunya adalah antioksidan, bekerja sebagai pembersih darah jika dijadikan asupan. Dengan kata lain, bawang putih membantu kerja ginjal dalam menyingkirkan zat-zat yang tidak diinginkan tubuh.

Agar manfaatnya benar-benar terasa, konsumsilah bawang putih dalam keadaan mentah atau setengah matang. Tidak cuma menyembuhkan tipes, mengonsumsi bawang putih juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Cengkeh Mengandung Sesuatu yang Baik bagi Penderita Tipes

Cengkeh dapat membantu mengurangi tingkat keparahan diare dan muntah yang disebabkan oleh tipes karena sifat antibakteri pada kandungan minyak esensialnya.

Cara membuatnya mudah, masukkan 5-7 kuncup cengkeh dalam air mendidih dan rebus hingga airnya tersisa setengah. Setelah larutan menjadi dingin, minum secara rutin disiang hari selama minimal satu minggu.

  1. Jangan Remehkan Daun Selasih

Daun basil atau lebih dikenal dengan daun selasih, adalah salah satu bahan alami yang efektif mengobati tipes. Daun selasih memiliki khasiat antibiotik dan antibakteri yang dapat menghambat bakteri Salmonella typhi dalam tubuh. Selain itu, bahan alami ini juga membantu menurunkan demam, menghangatkan perut, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara meraciknya pun cukup mudah, yakni:

  • Siapkan 20 helai daun selasih, 1 sendok teh jahe yang dihancurkan, dan 1 gelas air
  • Rebus semua bahan hingga larutan berkurang setengahnya
  • Tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis
  • Minum larutan tersebut sebanyak 2 sampai 3 kali sehari hingga masa pemulihan.

Nah, itulah kira-kira beragam bahan alami yang dapat digunakan sebagai cara mengobati tipes. Kendati bahan-bahan tersebut dinilai ampuh untuk mengatasi keluhan yang diderita seseorang yang menderita tipes, tetapi pemeriksaan dan pantauan dari dokter juga punya peran penting. Oleh karenanya, jika sakit tak kunjung reda, segeralah datangi fasilitas kesehatan terdekat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*