Yang Harus Dikonsumsi Bila Menderita Hipoglikemia

Gula darah rendah, atau biasa disebut dengan istilah hipoglikemia, dapat menjadi kondisi kesehatan yang berbahaya. Gula darah rendah sering terjadi pada penderita diabetes yang menggunakan pengobatan yang dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Mengonsusmi obat-obatan secara berlebihan, melewatkan makanan, makan dengan jumlah sedikit, atau olahraga berlebihan dapat menyebabkan gula darah rendah. Hipoglikemia dapat menyebabkan rasa pusing, badan terasa lemas, dan bahkan kegelisahan. Artikel ini akan membahas makanan apa saja yang harus dikonsumsi untuk mengurangi gejala yang ditumbulkan oleh hipoglikemia.

Sarapan

Seseorang harus selalu makan sarapan secepat mungkin setelah mereka bangun pagi, karena kadar gula darah dapat turin semalaman. Sangat direkomendasikan untuk membatasi asupan jus buah pada pagi hari, dan meminum jus tanpa tambahan gula karena dapat menyebabkan kadar gula menjadi tidak stabil. Beberapa pilihan sarapan yang ideal seperti  telur rebus dan roti gandum, oatmeal dengan buah berry, biji bunga matahari, dan kayu manis, serta yogurt yang dicampur buah berry, madu, dan oatmeal. Kayu manis dipercaya dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan dapat ditaburkan pada banyak makanan untuk sarapan.

Makan siang

Makan siang harus diisi dengan makanan dalam porsi yang sedikit, namun diperkaya dengan protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks yang akan terus melepaskan energi dengan perlahan. Beberapa ide menu makan siang yang direkomendasikan seperti sandwich yang diisi ikan tuna, ayam, dan tahu (gunakan roti gandum dan sayuran salad), atau ikan bakar, ubi panggang, serta sayur salad. Sangat penting bagi seseorang yang menderita hipoglkemia untuk tahu dan waspada terhadap indeks glimekik (GI) makanan yang mereka konsumsi. Makanan-makanan yang terlihat sehat mungkin malah memiliki kadar GI yang tinggi. Untungnya, selalu ada alternatif untuk menurunkan kadar GI. Contohnya, ubi memiliki kadar GI yang rendah dan kaya akan antioksidan yang melimpah, membuat ubi menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis kentang yang lain, yang memiliki kadar GI tinggi.

Makan malam

Makan dalam jumlah yang besar pada malam hari mungki terlihat menggiurkan. Namun, orang-orang dengan hipoglikemia harus menjaga porsi makan malam mereka dalam jumlah yang kecil. Pilihan makan malam yang baik harus mengandung protein dan karbohidrat kompleks. Beberapa menu ideal untuk makan malam seperti ayam dan tahu yang disajikan bersama nasi merah dan sayuran atau ikan salmon dengan sayuran kukus atas salad.

Camilan

Orang-orang dengan hipoglikemia juga dianjurkan untuk memasukkan camilan sehat dan bernutrisi dalam diet mereka. Camilan ini dapat dimakan di antara waktu makan utama untuk menjaga kadar gula darah dalam keadaan konstan dan memastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin, mineral, lemak sehat, protein, dan karbohidrat berserat. Makan satu camilan di pertengahan pagi, pertengahan sore, dan waktu menjelang tidur dapat menjaga kadar gula darah dalam kondisi stabil sepanjang hari hingga esok hari. Beberapa pilihan camilan sehat seperti buah apel, pisang dicampur kacang-kacangan, roti gandum dengan buah alpukat, wortel, mentimun, dan smoothie sayuran.

Perlu diingat bahwa orang-orang yang sering berolahraga secara teratur harus makan dengan lebih sering. Hal ini diakibatkan aktivitas olahraga yang berat dan terus menerus dapat menyebabkan kadar gula darah turun drastis dan menyebabkan hipoglikemia. Seseorang harus makan camilan kecil yang mengandung karbohidrat dan protein sebelum berolahraga seperti yogurt, buah apel, kacang-kacangan, dan sandwich selai kacang tanpa tambahan gula.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*